oleh

Desember, Demokrat Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah, Berminat?

INIKATA.com – Semua Partai Politik (Parpol) telah menyiapkan mekanisme penjaringan bagi kandidat yang bakal bertarung di momentum pilkada 2020.

Salah satunya partai Demokrat Sulawesi Selatan. Partai yang berlambang mercy tersebut akan melakukan penjaringan di 12 daerah di Sulsel yang nantinya menggelar Pilkada 2020.

Ketua Partai Demokrat Sulsel, Ni’matullah menuturkan, penjaringan bakal dilakukan sebelum memasuki tahapan Pilkada oleh KPU.

“Desember kita mulai penjaringan karena April sudah mulai tahapan dari KPU,” Ni’matullah saat ditemui di DPRD Sulsel.

Ulla sapaan akrab Ni’Matullah mengatakan jika penjaringan dilakukan pada Desember sudah sangat sesuai karena Pilkada serentak digelar 23 September 2020.

“Tinggal waktu satu tahun dari sekarang, jadi masih banyak yang harus dilakukan,” kata Ulla.

Soal mekanisme penjaringan, wakil ketua DPRD Sulsel ini mengatakan penjaringan akan dibuka oleh masing-masing DPC dari dari semua nama yang mendaftar akan diseleksi melalui fit and proper tes oleh DPD dan memutuskan 3 nama yang kemudian diusulkan ke DPP.

“Kalau dari kabupaten misalnya ada 5 nama, kita kerucutkan dan kirim ke DPP dan kemudian diputuskan siapa yang diusung oleh Demokrat,” ucap Wakil Ketua DPRD Sulsel ini.

Ia mengatakan mekanisme penjaringan demikian telah berjalan selama 3 Pilkada. Sehingga hal yang sama akan dilakukan pada Pilkada 2020.

“Itu menjadi mekanisme dan tidak ada yang berubah dari Pilkada-Pilkada sebelumnya,” pungkas Ulla sapaan Ni’matullah. (Hendrik)

Komentar

Topik Terkait