oleh

Jerman vs Belanda: Luka dan Malu si Tuan Rumah

INIKATA.com – Jerman harus mendapatkan luka dan malu, setelah dihantam mundur oleh Belanda dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 di Grup C.

Tuan rumah itu harus mengakui kekalahannya melawan tim tandang dengan skor 4-2 di Stadion Volkspark, Hamburg, Sabtu (7/9) dini hari WIB, Tim Oranye menang 4-2.

Kekalahan Jerman diwarnai sebuah gol bunuh diri Jonathan Tah. Selain itu, gawang Manuel Neuer dibobol gol-gol Frenkie de Jong, Donyell Malen dan Georginio Wijnaldum.

Tuan rumah sempat unggul cepat lewat gol Serge Gnabry pada saat pertandingan baru berjalan sembilan menit dengan menyambar bola muntah hasil tembakan Lukas Klostermann yang tak diamankan dengan sempurna oleh kiper Jasper Cillessen.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum menyusul penyelamatan gemilang Cilessen untuk menghalau tembakan Marco Reus.

Belanda baru bisa menyamakan kedudukan lewat gol perdana De Jong untuk tim senior Oranje pada menit ke-59 sebelum disusul gol bunuh diri Tah yang berusaha menghalau umpan silang Memphis Depay tujuh menit kemudian membuat mereka berbalik unggul 2-1.

Tim Panser kembali menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti Toni Kroos pada menit ke-73 menyusul vonis wasit Artur Dias bahwa Matthijs de Ligt menyentuh bola dengan tangannya di dalam area terlarang.

Namun, keunggulan kembali berhasil direbut oleh Belanda pada menit ke-79 lewat gol Malen yang menandai penampilan debutnya dengan sebuah gol menyambut umpan sodoran dari Wijnaldum.

Tindakan itu belakangan menjadi karma baik bagi Wijnaldum yang mencetak gol keempat Belanda pada masa injury time lewat situasi serangan balik demi memastikan kemenangan 4-2 atas Jerman.

Hasil tersebut sekaligus menjaga Belanda dalam persaingan di Grup C, kendati masih berada di urutan ketiga dengan koleksi enam poin, tetapi mereka kini hanya terpaut tiga poin dari Jerman (9) di posisi kedua. Sementara pemimpin klasemen sementara grup ini ialah Irlandia Utara dengan 12 poin. (jpnn)

Komentar

Topik Terkait