oleh

Kemenag Sebut Produk Halal Sudah Mendunia

INIKATA.com – Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kemenag RI, Sukoso, menyebutkan produk halal saat ini sudah mendunia.

Hal tersebut disampaikannya ketika menjadi pemateri di Seminar Nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisni Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Kamis (12/9/2019).

“Kalau di Indonesia bisnis atau produk halal sudah berada diperingkat 10 secara nasional. Tapi di peringkat dunia sudah berada dinomor satu,”kata Sukoso.

Dimata Sukoso, produk halal bukan hanya sebuah lebel semata. Tetapi mengedapankan kualitas yang sesuai dengan syariah islam.

“Dalam persaingan global adalah kualitas, karena kalau ada kualitasnya dan terkoptasi dengan babi kan sama aja,”lanjutnya.

Alumni Universitas Brawijaya ini, menjelaskan sejunlah sejarah produk halal. Termasuk penurunan penjualan hingga 20-30 persen pada 1988.

“Waktu itu banyak produk turunan babi, yakni glatin dan lemak babi dalam makanan dan minuman,”paparnya.

Seperti diketahui, kegiatan ini merupakan rangkaian acara dari dua dekade (20 tahun) HMJ Ekonomi Islam yang secara resmi dibuka pada Senin (9/9/2019) lalu. (Fajrin)

Komentar

Topik Terkait