oleh

Ditolak FPI, Film Kucumbu Tubuh Indaku Berhasil Wakili Indonesia di Oscar 2020

INIKATA.com – Film karya sutradara Garin Nugroho berjudul Kucumbu Tubuh Indahku bakal mewakili Indonesia di ajang Oscar 2020.

Kepastian tersebut diumumkan oleh Indonesian Academy Awards 2019 selaku pihak yang menyeleksi. Film tersebut dinilai layak bersaing di ajang Oscar 2020 setelah mengungguli kandidat lain. Di antaranya yakni film 27 Steps Of May dan Ave Maryam.

“Setelah dilakukan penilaian dengan seksama, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, Indonesian Academy Awards 2019 menetapkan film berjudul Kucumbu Tubuh Indahku sebagai film pilihan dan berhak mewakili Indonesia ke Academy Awards ke-92 untuk kategori International Feature Film,” kata Sheila Timothy sebagai Sekretaris Komite Film Indonesia di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (17/9).

Film Kucumbu Tubuh Indahku bakal mewakili Indonesia untuk kategori International Feature Film dalam Oscar 2020. Kategori itu dulu dikenal sebagai kategori Best Foreign Language Film. Dalam kategori tersebut, film Garin Nugroho akan bersaing dengan film lain seperti Weathering With You dari Jepang dan Parasite asal Korea Selatan.

Dari segi cerita, Kucumbu Tubuh Indahku berkisah soal penari Lengger bernama Juno. Dia merupakan pria yang justru bisa tampil luwes saat menari. Kehidupannya penuh kesendirian dan harus hidup berpindah-pindah tempat.

Sejauh ini, Kucumbu Tubuh Indahku telah diputar di berbagai festival dan ditayangkan di 25 negara. Film itu juga telah beredar di bioskop tanah air pada April 2019.
Meski demikian, film Kucumbu Tubuh Indahku sempat ditolak oleh ormas FPI Semarang saat diputar di Festival Kota Lama Semarang.

Namun Garin Nugroho sebagai sutradara memastikan filmnya sudah lulus sensor. Sehingga tidak semestinya ada penolakan atau pelarangan pemutaran. (jpnn)

Komentar

Topik Terkait