oleh

Lindungi Hak Buruh, DPRD Jatim Dorong Dibentuk Perda Jaminan Pesangon

SURABAYA, INIKATA.com – Anggota FPDIP DPRD Jatim Hari Putri Lestari mengatakan pihaknya mendorong agar Pemprov Jatim membuat perda jaminan pesangon. Hal itu untuk melindungi hak-hak buruh terkait pesangon yang hingga saat ini selalu dirugikan oleh pengusaha.

“Kami berharap ke depannya, Gubernur Jatim dengan berkolaborasi dengan DPRD Jatim untuk bersama-sama membuat perda Jaminan Pesangon untuk buruh. Kami prihatin kalau setiap demo, buruh menuntut agar pembayaran pesangon disesuaikan dengan aturan yang ada. Tapi kenyataannya pesangon buruh dibawah standart ketentuan pemerintah,”ungkapnya di Surabaya, Kamis (19/9/2019).

Menurut mantan aktivis buruh ini, selama ini aksi demo buruh dibeberapa tempat di Jatim selalu menyuarakan pembayaran pesangon dengan layak .”Saya tahu banyak perusahaan-perusahaan sebenarnya menyimpan hak-hak buruh yang tentunya bisa digunakan untuk membayar pesangon buruh. Tapi tak dibayarkan oleh pengusaha. Ke depan dengan adanya perda tersebut pengusaha dengan mudah bisa membayar pesangon buruh,”jelasnya.

Hari Putri Lestari mengatakan untuk realisasi penegakan perda jaminan pesangon tersebut,bisa saja dibentuk BUMD pesangon atau bisa saja melalui bank Jatim.

“ Pengusaha bisa membayar tiap bulannya yang seharusnya hak buruh sebagai pesangon ke BUMD pesangon yang dibentuk atau jika pembentukan BUMD tersebut prosesnya sulit, maka bisa disetorkan ke Bank Jatim yang merupakan BUMD milik Pemprov Jatim. Pengusaha tak perlu kawatir uangnya akan hilang di Bank Jatim karena akan dikelola dengan professional untuk pembayaran pesangon buruh,”ungkapnya. (Three)

Komentar

Topik Terkait