oleh

Lowongan CPNS 2019 dan Tesnya Tahun Depan, Ini Sebabnya

INIKATA.com – Lowongan CPNS 2019 akan dibuka akhir Oktober ini, di mana disiapkan alokasi sebanyak 197.111 orang. Terdiri dari instansi daerah 159.257 orang dan pusat 37.854. Selanjutnya pendaftaran dan seleksi administrasi.

Tampaknya, kebijakan ini sepertinya dipaksakan. Pasalnya, tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB) baru akan dilaksanakan pada 2020.

Hal itu pernah dilakukan pada penerimaan PNS sebelumnya. Tetapi adanya empat daerah yang terkena bencana, seperti Papua, Papua Barat, Palu dan Donggala.

Khusus tahun ini, tidak ada situasi genting yang mengharuskan pemerintah menunda tes CPNS 2019 hingga 2020. Padahal dengan jarak pengumuman dan tes yang cukup jauh bisa saja dimainkan para mafia CPNS.

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, tes CPNS baru dilakukan tahun depan karena pemerintah harus tutup buku tahun anggaran.

“Jadi tidak memungkinkan dibiayai hanya dari anggaran 2019. Sehingga supaya akuntabel tesnya dilakukan tahun anggaran 2020,” terang Bima, Minggu (29/9).

Menurut dia, masalahnya hanya pada batas waktu penggunaan anggaran yang sangat mepet. Sementara pertanggungjawaban keuangan dari kementerian/lembaga biasanya harus sudah selesai 15 Desember.

Tahun lalu memang ada daerah yang tidak serentak tes CPNS nya. Bagi instansi yang tidak mungkin dilakukan tahun itu (2018), seperti daerah bencana, Papua, Papua Barat, Palu, Donggala, dilaksanakan pada 2019,” terangnya (jpnn)

Komentar

Topik Terkait