oleh

Jusuf Kalla Dipercaya Jadi Utusan Khusus Perdamaian

INIKATA.com – Presiden Joko Widodo menggelar sidang kabinet paripurna terakhir di periode ini kemarin (3/10).

Setelah semua jajaran menteri Kabinet Kerja masuk ruangan, Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla menyusul.

Biasanya, presiden langsung berbicara ke pokok pembahasan. Namun, kali ini Jokowi membuka dengan menyampaikan apresiasi.

”Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada menteri, semua kepala lembaga atas kerja kerasnya dalam membantu saya dan Bapak Jusuf Kalla,” ujarnya.

Polwan Bripda Nesti yang Terpapar Radikalisme Bakal Dipecat

Mencuat Dukungan ke La Nyalla Mattalitti Caketum PSSI 2019-2023

Ditemui setelah sidang tertutup itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, jalannya rapat memang biasa. Namun pascarapat, suasana lebih akrab.

Jika biasanya langsung bubar, mereka menyempatkan berbincang ringan. ”Salam-salaman juga ,” ujarnya.

Selain itu, mereka foto bersama. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menambahkan, dalam forum itu, Jokowi dan para menteri sepakat untuk memberikan amanah baru kepada Wapres Jusuf Kalla setelah lengser dari Wapres Jusuf Kalla.

”Jadi utusan khusus perdamaian Indonesia. Saya pikir JK akan sibuk ngurusin Palestina, Afghanistan, ngurusin di mana-mana,” kata Luhut yang penampilannya sedikit berbeda karena mengenakan peci.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menganggap lima tahun kiprahnya sebagai menteri sebagai hal luar biasa.

Saking istimewanya, dia mengaku sulit untuk mengucapkan dalam kata-kata. ”Terlalu banyak buat diomong,” kata dia.

Sosok yang identik dengan kata ”tenggelamkan” itu menilai, menjadi menteri di kabinet membawa pengalaman tersendiri untuknya.

Maklum, kata dia, baru kali ini bekerja untuk orang lain. ”Was great time,” tuturnya.

Secara resmi masa kerja menteri Kabinet Kerja akan berakhir pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Disinggung soal kesiapannya jika diminta melanjutkan jabatan tersebut, Susi Pudjiastuti hanya menjawab dengan tertawa. (IK/Fajar/Jp)

Komentar

Topik Terkait