oleh

Dari Pakar Hingga Politikus, Ini Asal Daerah 11 Calon Menteri Kabinet Jokowi

INIKATA.com – Sebanyak sebelas tokoh calon menteri di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin dipanggil ke Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (22/10/2019) kemarin. Mereka merupakan pengusaha, pakar hukum, relawan, hingga politikus.

Hampir seluruhnya datang ke Istana Negara, mengenakan pakaian berwarna putih. Namun, ada juga yang datang menghadap Presiden Jokowi dengan mengenakan pakaian dinas.

Latar belakang para tokoh memang beragam, mulai dari jabatan sebelumnya, hingga tempat kelahiran. Memang mayoritas dari sebelas tokoh yang menghadap Jokowi itu kelahiran Pulau Jawa. Namun, terdapat pula tokoh yang lahir di Pulau Papua, Pulau Kalimantan, hingga Singapura.

Setidaknya, terdapat lima tokoh yang lahir di Pulau Jawa yakni Prabowo Subianto, Nico Harjanto, Pratikno, Airlangga Hartarto, dan Erick Thohir.

Prabowo lahir di Jakarta pada 17 Oktober 1951. Nico Harjanto lahir di Sleman pada 1 Desember 1972.

Pratikno lahir di Kabupaten Bojonegoro pada 13 Februari 1962. Airlangga lahir di Surabaya pada 1 Oktober 1962. Erick Thohir lahir di Jakarta pada 30 Mei 1970.

Tercatat dua tokoh lahir di Pulau Sumatra. Keduanya yakni Tito Karnavian yang lahir di Palembang pada 26 Oktober 1964 dan Edhy Prabowo yang lahir di Kabupaten Muara Enim pada 24 Desember 1972.

Sisanya, tokoh yang dipanggil Jokowi itu kelahiran di Pulau Madura, Pulau Papua, Pulau Kalimantan, dan Singapura.

Mahfud MD kelahiran Sampang pada 13 Mei 1957. Wishnutama lahir di Kota Jayapura pada 4 Mei 1976.

Fadjroel Rachman yang lahir di Banjarmasin, Kalsel, pada 17 Januari 1964. Terakhir, Nadiem Makarim ialah satu-satunya tokoh kelahiran luar negeri. Dia lahir di Singapura pada 4 Juli 1984.

Hingga kini, baru sebelas yang resmi menghadap Jokowi. Presiden Jokowi bakal melakukan rangkaian pemanggilan kepada para tokoh calon menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin pada Selasa (22/10). (jpnn)

Komentar

Topik Terkait