oleh

10 Orang Tewas Saat Terjadi Banjir dan Tanah Longsor di Jepang

INIKATA.com – Dalam beberapa waktu terakhir, Jepang dilanda cuaca buruk hingga serbuan badai topan berkali-kali. Kini, negeri sakura itu kembali dilanda hujan lebat yang menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Dilansir NHK, banjir dan tanah longsor yang terjadi Sabtu (26/10) telah merenggut sedikitnya 10 korban jiwa dan tiga orang dilaporkan hilang. Kondisi ini terjadi hanya selisih dua pekan setelah daerah itu dihantam angin topan.

Sudah enam pekan, Jepang mengalami hujan lebat yang mengakibatkan banjir. Pada Jumat (25/10), tanah longsor mengoyak daerah-daerah banjir di Prefektur Chiba dan Fukushima.

Kota Ushiku di Chiba bahkan menerima hujan hingga 11 283,5 mm selama 12 jam. Akibatnya sekitar 4.700 rumah terendam air, ratusan warga di pusat evakuasi, dan beberapa layanan transportasi ditangguhkan.

Sejak dilanda 2 topan pada bulan lalu, pemerintah Jepang sudah memberikan peringatan daerah-daerah rawan dan memberikan imbauan evakuasi pada warga.

Pihak berwenang juga memperingatkan kemungkinan tanah longsor dan banjir, terutama di daerah-daerah yang terkena tanggul yang belum diperbaiki setelah dilanda Topan Hagibis. (Inikata/Rmol)

Komentar

Topik Terkait