oleh

Kasus Penemuan 39 Mayat di Inggris Mulai Mendapat Titik Terang

INIKATA.com – Penemuan 39 mayat di dalam truk kontainer yang menggemparkan Inggris mulai mendapat titik terang.

Jumat (25/10), polisi setempat menyatakan telah menangkap empat terduga pelaku yang bertanggung jawab atas kasus yang kemungkinan sebagai penyelundupan manusia.

Associated Press melaporkan, keempat orang terduga pelaku tersebut adalah pengemudi truk yang berusia 25 tahun, pria asal Irlandia Utara berusia 48 tahun yang ditangkap di Bandara Stansted Inggris, serta pria dan wanita asal barat laut Inggris yang sama-sama berusia 38 tahun.

Keempatnya ditangkap atas tuduhan pembunuhan 31 pria dan 8 wanita di dalam truk yang ditemukan di Taman Industri Grays, London bagian timur, Rabu pagi (23/10).

Sebelumnya, Kepolisian Essex mengungkapkan para korban tewas adalah warga negara China. Namun, hal tersebut masih dalam tahap penyelidikan.

Sementara itu, Kedutaan Besar Vietnam di London mengungkapkan telah menghubungi polisi atas hilangnya seorang wanita yang dikhawatirkan menjadi salah satu korban tewas.

Jurubicara kedutaan mengatakan sebuah keluarga di Vietnam melapor warga mereka hilang sejak truk ditemukan.

BBC yang kemudian mengontak keluarga tersebut melaporkan wanita yang diidentifikasi sebagai Pham Tra My berusia 26 tahun terakhir kali mengirim pesan pada Selasa malam (22/10) yang menyatakan ia sedang dalam bahaya.

Selain Vietnam, Jurubicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengatakan pihaknya sedang bekerja sama dengan pihak berwenang setempat.

“Tidak masalah dari mana para korban ini berasal, ini adalah tragedi besar yang menarik perhatian masyarakat internasional terhadap masalah imigrasi ilegal. Komunitas internasional harus semakin memperkuat kerja sama berbagai informasi dan intelijen untuk mencegah tragedi seperti ini terjadi lagi,” ungkap Hua.

Hua juga mengatakan pihak berwenang China juga mencari informasi dari polisi di Belgia, karena wadah pengiriman tempat jenazah yang ditemukan dikirim ke Inggris dari pelabuhan Zeebrugge di Belgia. (Inikata/Rmol)

Komentar

Topik Terkait