oleh

Buntut Postingan Anies Mirip Joker, Ade Armando Harus Berurusan dengan Polisi

INIKATA.com – Dosen Universitas Indonesia, Ade Armando kembali membuat geger warganet. Dia mengunggah konten Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berwajah Joker. Dalam foto tersebut terdapat kalimat ‘Gubernur Jahat Berawal Dari Menteri yang Dipecat’.

Unggahan ini dibuat pada Kamis (31/10) setelah banyak isu anggaran tak masuk akal dalam Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran (KUA-PPAS) 2020 DKI Jakarta.

Tak terima dengan unggahan tersebut, Anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD RI) Fahira Idris melaporkan Ade Armando ke Polda Metro Jaya. Dia menilai telah ada upaya pencamaran nama baik sehingga jalur hukum pun ditempuh.

“Laporan ini dibuat karena saya percaya bahwa koridor hukum adalah satu-satu cara yang harus kita tempuh jika melihat adanya dugaan pelanggaran hukum” kata Fahira di Polda Metro Jaya, Jumat (1/11).

Karakter Joker sendiri populer setelah sutradara Todd Phillips merilis film berjudul Joker pada awal Oktober 2019. Joaquin Phoenix selaku pemeran Joker diceritakan sebagai penderita pseudobulbar affect sebagai orang baik yang tersakiti oleh orang yang dicintainya, teman, lingkungan sosial dan sistem yang ada di Kota Gotham, sehingga akhirnya menjadi penjahat.

Dalam laporan itu, Ade disangkakan dengan Pasal 32 Ayat 1 juncto 48 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Laporan tersebut terdaftar dalam nomor laporan LP/7057/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus, tanggal 1 November 2019.

Menurut Fahira, foto Anies yang diunggah oleh Ade merupakan dokumen milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atau milik publik yang telah diedit dengan tampilan Joker. “Dalam gambar itu, Gubernur DKI Jakarta mengenakan pakaian dinasnya,” imbuhnya.

Fahira mengaku mengetahui postingan tersebut, tepat di hari dia membuat laporan polisi. Setelah diamati, dia menilai ada dugaan pelanggaran hukum. Sehingga memutuskan untuk segera membuat laporan polisi.

“Foto itu juga diunggah dengan kata-kata atau narasi yang mengarah pada pencemaran nama baik yakni “Gubernur Jahat Berawal dari Menteri yang Dipecat”,” tambahnya.

Dalam laporannya, Fahira membawa sejumlah barang bukti diantaranya tangkapan layar dari unggahan akun Facebook Ade Armando.

Terpisah, Ade Armando membenarkan bahwa dia telah mengunggah foto Anies berwajah Joker. Dia menilai Anies layak dikecam setelah muncul kontroversi anggaran lem aibon untuk sekolahan senilai Rp 82 miliar, dan bolpoin Rp 124 miliar.

“Itu merupakan penghamburan rakyat yang luar biasa. Menurut saya, apa yang dilakukannya jahat,” ucapnya.

Oleh karena itu, berbagai macam kecaman dan kritik banyak diarahkan kepada Anies. Ade memilih melambangkan Anies dengan karakter Joker untuk meluapkan kritiknya.

Karena karakter Joker dianggap mirip perbuatan Anies dalam kasus anggaran tersebut.

Di sisi lain, Ade memastikan meme tersebut bukan buatannya, dia hanya sebatas mengunggahnya saja. “Saya heran apa urusan Fahira Idris menggugat saya. Memang dia apanya Anies? Kalaulah ada yang mau menggugat saya, orang itu seharusnya Anies Baswedan,” pungkasnya. (Jpc)

Komentar

Topik Terkait