oleh

Mendagri: Tangkap Oknum Ormas yang Intimidasi Pengusaha Kecil

INIKATA.com – Gerah dengan adanya praktik intimidasi dan kekerasan yang dilakukan oknum Organisasi Masyarakat (Ormas) terhadap pengusaha kecil, Menteri Dalam Negeri (Mendagri),  Tito Karnavian, akhirnya mengeluarkan amanat. Ia meminta aparat kepolisian untuk menindak tegas para oknum tersebut.

“Masalah Ormas ini ada aturannya. Kalau dia melakukan pelanggaran hukum, misal intimidasi, pemerasan segala macam, tangkap saja. Kalau (melanggar) UU pidana tangkap saja oleh Kapolda Polres dan polisi yang ada,” kata Tito di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11).

Hal itu ia sampaikan berkenaan dengan maraknya tindakan ormas yang cenderung melakukan intimidasi. Terbaru, ormas di kawasan Bekasi diduga melakukan intimidasi berkenaan dengan lahan parkir minimarket.

Mantan Kapolri ini menegaskan, aparat juga perlu melakukan dialog apabila Ormas tersebut bekerja sama dengan Pemda maupun pengusaha.

“Ajak dulu bicara, para pengusaha yang terdampak itu diundang, mau enggak dia digituin,” ujarnya.

“Kalau seandainya pengusaha-pengusahanya mau, why not. Tapi lihat aturanya, ini ada kemungkinan korupsi tidak, menguntungkan masyarakat tidak. Kemarin viral terjadi semacam intimidasi, enggak boleh. Negara tidak boleh kalah pada Ormas manapun juga,” pungkasnya. (rmol)

Komentar

Topik Terkait