oleh

Turki Klaim Tangkap Istri Abu Bakar Al-Baghdadi

INIKATA.com – Selang seminggu lebih kematian Abu Bakar al-Baghdadi, Pemerintah Turki mengklaim berhasil menangkap istri mantan pemimpin ISIS itu.

Abu Bakar al-Baghdadi sendiri dilaporkan bunuh diri dalam sebuah operasi militer yang dilakukan oleh pasukan khusus Amerika Serikat.

“Amerika Serikat mengatakan Baghdadi bunuh diri di sebuah terowongan. Mereka memulai kampanye komunikasi tentang ini,” kata Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

“Tapi saya mengumumkannya di sini untuk pertama kalinya. Kami menangkap istrinya dan tidak membuat keributan seperti mereka. Kami juga menangkap saudara perempuan dan saudara iparnya di Suriah,” katanya dalam pidatonya di Ankara Universitas (Rabu, 6/11). Namun dia tidak memberikan detail lainnya.

Sepanjang hidupnya, Al-Baghdadi sendiri diketahui memiliki empat istri.

Sebelumnya, awal pekan ini, eorang pejabat senior Turki mengatakan bahwa Turki telah menangkap saudara perempuan al-Baghdadi, suami dan menantunya. Pnangkapan itu diharapkan bisa membawa informasi lebih lanjut tentang ISIS.

Seorang pejabat Turki mengatakan bahwa saudara perempuan al-Baghdadi yang 65 tahun itu dicurigai berafiliasi dengan ISIS. Dia menyebut penangkapannya sebagai “tambang emas” intelijen.

“Penangkapan saudara perempuan al-Baghdadi adalah contoh lain dari keberhasilan operasi kontra-terorisme kami,” kata direktur komunikasi Turki, Fahrettin Altun seperti dimuat Al Jazeera. (rmol)

Komentar

Topik Terkait