oleh

Reaksi PKS Terkait Sindiran Jokowi Soal Rangkulan Surya Paloh dan Sohibul Imam

INIKATA.com – Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera tidak ambil pusing dengan sindiran Presiden Joko Widodo atau Jokowi kepada Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Mardani menilai pernyataan Presiden Jokowi yang menyinggung pertemuan Surya Paloh dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Iman cuma guyon belaka.

“Pak Jokowi gurau saja. Namun, namanya presiden, guraunya pun ditafsir banyak pihak,” kata Mardani dalam pesan singkatnya kepada awak media, Kamis (7/11).

Mardani berharap, pertemuan antara Surya Paloh dan Presiden PKS Sohibul Iman tidak perlu dijadikan perdebatan.

Pertemuan dua tokoh itu, kata dia, sebaiknya menjadi contoh untuk mencairkan suasana politik nasional. Terlebih, pertemuan tersebut diselipkan adegan pelukan antara Surya Paloh dan Sohibul.

“Mesti dibiasakan hubungan antara elite, selalu rukun. Pelukan (rangkulan) itu menyejukkan,” tutur dia singkat.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) melontarkan candaan terkait pertemuan Surya Paloh dengan Presiden PKS M Sohibul Iman, Rabu, 30 September lalu.
Candaan tersebut disampaikan ketika Jokowi berpidato di acara HUT ke-55 Partai Golkar, di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (6/11) malam.

“Yang saya hormati para ketua umum, Bapak Surya Paloh yang kalau kita lihat malam hari ini, beliau lebih cerah dari biasanya. Sehabis pertemuan beliau dengan Pak Sohibul Iman di PKS,” ucap Jokowi. Para tamu undangan pun tertawa lepas.

Pertemuan Surya Paloh dengan Sohibul pekan lalu memang menarik perhatian banyak kalangan. Terlebih ada yang mengaitkan pertemuan keduanya dengan pernyataan Surya sebelumnya, yang siap beroposisi dengan pemerintah.

“Wajahnya cerah, setelah beliau berdua berangkulan dengan Pak Sohibul Iman. Saya tidak tahu maknanya apa. Tetapi rangkulannya tidak seperti biasanya,” sambung Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu bahkan menyampaikan, selama ini dirinya tidak pernah dirangkul Surya, seperti yang dilakukan eks tokoh Golkar itu dengan Sohibul.

“Tidak pernah saya dirangkul oleh Bang Surya seerat dengan Pak Sohibul Iman. Tadi saya tanyakan, ada apa? Tetapi nanti jawabannya mungkin di lain waktu dijawab. Saya boleh bertanya dong, karena beliau masih di koalisi pemerintah,” tutur Jokowi. (jpnn)

Komentar

Topik Terkait