oleh

Aksi Polisi Tembak Demonstran Ternyata Terekam Live Facebook

INIKATA.com – Aksi polisi Hong Kong saat melepaskan peluru kepada demonstran tertangkap kamera. Secara tidak sengaja, aksi buruk polisi ini terekam dalam siaran langsung (live) Facebook pada Senin (11/11).

Dilansir dari Al Jazeera, dalam siaran langsung dari akun Facebook yang tidak disebutkan jati dirinya, terlihat para polisi di distrik timur Sai Wan Ho tengah melakukan aksi kejar-kejaran dengan para pengunjuk rasa yang bertopeng.

Seorang polisi kemudian terlihat berusaha untuk menahan seorang pengunjuk rasa di persimpangan jalan. Melihat kawannya dalam bahaya, pengunjuk rasa lain mengalihkan perhatian. Sementara pengunjuk rasa itu berusaha menghentikan upaya polisi untuk mengeluarkan senjata.

Sayangnya, polisi tersebut berhasil menembakkan peluru yang membuat pengunjuk rasa yang berniat membantu rekannya tertembak di bagian dada. Pengunjuk rasa tersebut jatuh ke tanah sembari memegangi sisi kirinya badannya. Ia langsung dibawa ke rumah sakit dan dilaporkan berada dalam kondisi kritis.

Tidak hanya sekali, beberapa detik kemudian, dua peluru kembali ditembakkan oleh petugas, disusul dengan jatuhnya seorang pria bertopeng lainnya. Tidak jelas apakah ia jatuh karena tertembak atau terpukul karena rekaman yang tidak begitu jelas.

Menurut koresponden Al Jazeera, Sarah Clarke, dalam insiden tersebut situasi sangat tidak terkendali dengan banyaknya orang dan pengunjuk rasa yang berusaha menutup kota.

“Mereka melakukan pemogokan umum, menargetkan jalah dan sistem transportasi jalan utama. Semua jalan raya telah diblokir. Mereka berkumpul setelah pengunjuk rasa ditembak pagi ini,” ujarnya. (Rmol)

Komentar

Topik Terkait