oleh

Bali United Butuh Tiga Kemenangan untuk Kunci Gelar Juara Tahun Ini

INIKATA.com – Bali United semakin dekat dengan gelar juara Liga 1 musim 2019. Tim berjuluk Serdadu Tridatu itu tinggal butuh tiga kemenangan untuk menyegel gelar juara. Saat ini perolehan poin Bali United berselisih 13 angka dengan Persipura Jayapura dan Madura United yang berada di belakang tim asal Pulau Dewata tersebut. Bali United mendulang 57 poin, sedangkan Persipura dan Madura United baru mengumpulkan 44 poin.

Apabila Bali United bisa memetik tiga kemenangan, mereka akan mengumpulkan 68 poin. Raihan itu sudah tidak mungkin dikejar Madura United. Dengan hanya tujuh laga sisa, poin maksimal Laskar Sape Kerrap –julukan Madura United– hanya 66.

Persipura sebenarnya masih punya potensi melampaui angka 68 poin tersebut. Sebab, sama halnya dengan Bali United, Mutiara Hitam –julukan Persipura– masih menyisakan delapan pertandingan. Poin maksimal mereka 69.

Tapi, pelatih Persipura Jacksen F. Tiago mengaku sangat berat menyusul Bali United. Apalagi, Persipura terus-menerus menjalani laga jauh dari Jayapura. Laga kandang harus dimainkan di Sidoarjo dan Tenggarong, Kalimantan Timur. ’’Sulit mengejar Bali United. Jaraknya sudah terlalu jauh. Butuh kerja ekstrakeras mengejar mereka. Kami memilih menikmati saja sisa pertandingan agar kami bisa mempertahankan posisi saat ini,’’ kata Jacksen.

Persipura, menurut Jacksen, berusaha realistis. Apalagi, sebelumnya mereka tidak menyangka bisa duduk di posisi kedua seperti saat ini. Sebab, sebelumnya mereka berkutat di papan bawah. Hasil laga Persipura kontra Bali United di Gelora Delta Sidoarjo kemarin sore (11/11) juga menjadi patokannya. Kemarin kedua kesebelasan bermain imbang 2-2. Sebelum ditahan imbang Bali United, di laga kandang sebelumnya, mereka kalah oleh Bhayangkara FC.

Dalam laga kemarin, Persipura unggul dulu lewat Yohanis Tjoe pada menit ke-33. Bali United kemudian membalikkan keadaan melalui gol yang dicetak Melvin Platje pada menit ke-37 dan Stefano Lilipaly (64’). Persipura baru bisa menyeimbangkan skor satu menit jelang bubaran melalui gol indah Todd Rivaldo Ferre. Dengan hasil imbang itu, Persipura naik ke posisi kedua. Menggusur Madura United yang sama-sama mendulang 44 poin. Persipura unggul head-to-head atas Madura United.

’’Dari awal kami tidak berpikir bisa di posisi seperti sekarang. Karena itu, kami mensyukuri ini. Semoga saja pada pekan ke-34 nanti kami bisa mengakhiri kompetisi di posisi yang baik ini. Kami tidak mau bicara muluk-muluk. Kami nikmati saja sisa pertandingan yang ada,’’ ujar Jacksen.

Sementara itu, dengan tiga kemenangan, Bali United sudah bisa menyegel gelar juara. Apalagi jika dalam beberapa pertandingan ke depan Persipura gagal meraih kemenangan. Namun, Bali United tidak mau bergantung hasil tim lain. Fadil Sausu dkk ingin menentukan jalannya sendiri.

Lalu, di mana mereka ingin merebut tiga kemenangan itu? ’’Ya di tiga pertandingan terdekat. Kami bisa meraih secepatnya, kenapa harus menunggu sampai akhir kompetisi?’’ sebut pelatih Bali United Stefano ’’Teco’’ Cugurra. Untuk itu, Teco meminta anak asuhnya tetap menjaga konsentrasinya. Menjaga motivasinya untuk terus bersemangat mengejar kemenangan. Termasuk dalam tiga laga ke depan.

’’Kalau kami bisa mengunci gelar juara secepatnya, tentu kami bisa liburan lebih cepat. Sebab, saya tahu pemain dan kami semua tim pasti butuh liburan karena sudah bekerja sangat keras sejak Januari lalu,’’ papar pelatih yang musim lalu mengantarkan Persija Jakarta juara Liga 1 itu. (jpc)

Komentar

Topik Terkait