oleh

BPIP Ajak Rektor Pegang Teguh Ideologi Pancasila

INIKATA.com – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia mengajak para rektor kampus di Kota Makassar untuk memegang teguh ideologi pancasila dan mengamalkannya kepada mahasiswa dari paham Radikalisme.

Hal itu disampaikan Direktur Pengkajian Ideologi Pancasila BPIP RI, Dr Muhammad Sabri, saat menghadiri kegiatan Koordinasi Dan Singkronisasi Materi Garis Haluan Ideologi Pancasila Buku Pancasila dihotel Dalton Kota Makassar, Rabu (13/11/2019).

“Kegiatan ini menghadirkan para akademisi kampus di Kota Makassar dan kita harap nantinya para Dosen – dosen ini mampu memberikan pemahaman terkait ideologi pancasilan kepada para Mahasiswa yang menjadi masa depan bangsa,” ucapnya.

Kata dia, pancasila merupakan suatu meja statis yang mempersatukan manusia dan sepatutnya untuk dirawat bersama dan sepatutnya dijadikan sebagai dasar dari ideologi negara Republik Indonesia.

“Pancasila merupakan warisan dari pendiri bangsa terdahulu itu. Dasar hukum itu sudah baku dan dapat digunakan sesuai perkembangan zaman, saya yakin tidak ada ideologi di negara lain yang mampu menandingi ideologi Pancasila. Keragaman harus kita jadikan kekuatan,” tuturnya.

Sementara, Plt Kepala BPIP, Prof Hariyono mengatakan kedepan pancasila nantinya diharapkan masuk dalam sistem kurikulum Pendidikan bukan hanya sebagai Ikon saja.

“Kita sudah usulkan di Kemendikbud untuk bagaimana pancasila masuk dalam kurikulum dan diajarkan dengan sangat menyenangkan, Sehingga, anak TK dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tidak harus hafal Pancasila. Namun melalui permainan, mereka diajarkan dan diperkenalkan nilai-nilai kerja sama, menghormati dan lainnya,” tutupnya. (Anca)

Komentar