oleh

Pasukan Israel Tewaskan Komandan Jihad Palestina, Suasana di Gaza Mencekam

INIKATA.com – Baku tembak anatara pasukan militer Palestina dan Israel semakin menjadi-jadi. Suasana di Gaza pun sangat mencekam.

Salah satu komandan pasukan jihad Palestina, Baha Abu Al-Ata dan istrinya turut menjadi korban atas serangan pasukan Israel.Sejauh ini total korban tewas akibat gempuran udara Israel sejak Selasa (12/11) mencapai 18 orang.

Tewasnya Al-Ata memicu gelombang tembakan roket ke Israel yang membuat penduduk bergegas mencari perlindungan di selatan dan pusat negara itu. Israel menyalahkan Ata atas serangan roket sebelumnya dan serangan-serangan lain terhadapnya dan menyebutnya ‘bom waktu’ yang merencanakan lebih banyak kekerasan terhadap Israel.

Di Tel Aviv dan lokasi lainnya, tentara Israel memerintahkan siapa pun yang tidak dalam pekerjaan penting seperti staf rumah sakit untuk tinggal di rumah. Beberapa yang datang sebelum menerima pesan menemukan pintu kantor mereka terkunci. Taman kanak-kanak, sekolah-sekolah dan universitas-universitas di Israel ditutup.

Sekolah-sekolah juga ditutup di seluruh Jalur Gaza, tempat orang-orang Palestina takut akan konflik besar lainnya. Tepat di selatan Tel Aviv, sebuah roket jatuh di kota tepi laut Rishon Lezion, menabrak jalan yang dekat dengan distrik perumahan kelas atas.

Seorang penduduk lokal berusia 62 tahun, Ruty, mengaku kasihan dengan warga yang tinggal di perbatasan Gaza.

“Orang-orang miskin di selatan. Mereka menjalani ini setiap hari sehingga kita tidak bisa mengeluh ketika itu datang kepada kita kadang-kadang,” ucapnya. (**)

Komentar

Topik Terkait