oleh

Tipu 45 Jamaah Umrah, Wanita ini Dibekuk di Bandara Soetta

INIKATA.com – Seorang wanita berinisial A alias Y (34) berhasil diamankan petugas Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) lantaran dituding menipu puluhan jamaah umrah.

Peristiwa itu bermula saat calon jemaah umrah diiming-imingi berangkat ke tanah suci pada 1 Oktober 2019. Setiap calon jemaah dipungut biaya Rp21 juta.

Namun, puluhan calon jemaah umrah itu gagal berangkat lantaran tidak memiliki tiket pesawat. “Korban dinyatakan gagal terbang,” kata Kapolresta Bandara Soetta AKBP Arie Ardian Rishadi di Mapolresta Bandara Soetta, Kamis kemarin.

Peristiwa itu memancing kecurigaan polisi. Penyelidikan dilakukan terhadap para korban yang telantar di sebuah hotel kawasan Kecamatan Benda, Kota Tangerang. Setelah beberapa hari pencarian, A berhasil ditangkap di Kabupaten Sopeng, Provinsi Sulawesi Selatan.

“Menurut yang bersangkutan ini pertama kali dan belum pernah memberangkatkan orang ke Tanah Suci. Tinggal dikalikan saja itu hampir menyentuh miliaran,” kata Arie.

A mengakui agen travel umrah yang dimilikinya adalah abal-abal. Travel umrahnya tidak terdaftar di Biro Travel Umrah. “Tersangka tidak memiliki izin penyelenggara ibadah umrah atau PPIU. Saat dilakukan penahanan ada tas slempang, koper, dan tas jinjing dengan tulisan Duta Baitul,” jelas Arie. (jpnn)

Komentar

Topik Terkait