oleh

3 Jenis Ponsel Huawei Dilarang Dijual di Taiwan, Ini Sebabnya

INIKATA.com – Badan pengawas National Communications Commission (NCC) Taiwan, melarang Huawei mendistribusikan tiga lini ponselnya, yaitu jenis P30, P30 Pro dan Nova 5T. Ketiga model tersebut ditengarai mengalami masalah pada sistem opersinya (OS).

Jika Huawei pengin menjual ketiga perangkat itu mereka harus segera memperbarui sistem operasi pada ketiga perangkatnya.

Sistem operasi Hauwei saat ini mencantumkan Taiwan, Tiongkok pada zona kontak dan waktu di smartphone mereka. Ini justru menjadi hal yang tidak disukai oleh Taiwan.

NCC menegaskan,  produsen HP itu tidak akan diizinkan untuk menjual ketiga ponselnya itu kecuali sistem operasinya segera diubah.
Keputusan Taiwan itu dianggap merupakan langkah yang sangat politis. Ini terkait Taiwan tidak mau disangkutpautkan dengan Tiongkok.

Pelabelan ‘Taiwan’ di ponsel Huawei dianggap bahwa mereka tunduk ke Tiongkok, sehingga ini seperti mengganggu martabat rakyat Taiwan.

“Pelabelan di smartphone Huawei sebenarnya tidak benar dan telah merusak martabat rakyat Taiwan. Kami telah mengambil langkah tegas untuk menjunjung tinggi martabat Taiwan,” demikian pernyataan resmi NCC seperti dilansir Gizmochina, Minggu (17/11). (jpnn)

Komentar

Topik Terkait