oleh

GP Valencia, Kesempatan Terakhir Bagi Fabio Quartararo?

INIKATA.com – Tidak sekali ini saja Fabio Quartararo mencetak pole position berturut-turut musim ini.

Sebelumnya, rider Petronas Yamaha tersebut meraih starting grid terdepan di dua seri berurutan di Barcelona dan Belanda.

Namun, hingga lima kali pole position yang diraih sebelum GP Valencia akhir pekan ini, belum ada satu pun yang bisa dikonversikan menjadi kemenangan.

Peluang yang sama diraih lagi akhir pekan ini. Pembalap Prancis tersebut sukses meraih polekeenam pada musim debutnya di kelas para raja tahun ini.

Mampukah seri terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, malam ini menjadi akhir penantian Quartararo?

Yang pasti, sepanjang akhir pekan ini, performanya sangat menjanjikan.

Quartararo menguasai tiga sesi latihan bebas pertama. Tren positif itu berlanjut saat kualifikasi kedua tadi malam (WIB).

Dia mencetak best time 1 menit 29,978 detik. Quartararo lebih cepat 0,032 detik daripada juara dunia musim ini, Marc Marquez (Repsol Honda).

Di sisi lain, Jack Miller melengkapi tiga gridterdepan pada balapan hari ini. Pembalap Pramac Ducati itu berjarak 0,108 detik dari Quartararo.

Kesempatan Terakhir Bagi Fabio Quartararo?

’’Dari awal tahun, sejak di Jerez, ini (kualifikasi) adalah kekuatan kami. Aku sudah membuat enam kali pole position,’’ kata Quartararo sebagaimana dikutip Crash.

Pembalap 20 tahun itu masih penasaran untuk membuka gembok kemenangannya musim ini.

Capaian terbaiknya hanya runner-up di Barcelona, San Marino, Buriram, dan Australia. Selama itu pula, Marquez-lah yang menjadi kunci mati buat Quartararo.

Pada balapan pemungkas hari ini, dia masih menemui lawan yang sama di barisan terdepan.

Kuat saat kualifikasi belum tentu berbanding lurus saat balapan. Situasi itu pula yang dialami Quartararo ketika menghadapi Marquez.

’’Yamaha dan khususnya Quartararo sangat kuat pada lap pertama. Tetapi, kami di barisan terdepan. Jadi, aku senang dan akan mencoba melakukan start yang bagus,’’ ujar Marquez.

Sementara itu, balapan pemungkas hari ini juga menjadi momen spesial buat Jorge Lorenzo.

Pembalap Repsol Honda itu sudah memutuskan pensiun akhir musim ini.

Lorenzo gagal menembus kualifikasi kedua dan akan membalap dari posisi ke-18 hari ini.

Hal yang sama bakal dilalui Johann Zarco. Race pemungkas hari ini akan menjadi momentum terakhir untuk meyakinkan HRC agar tetap mempertahankannya musim depan.

Apalagi, dia menjadi salah seorang kandidat kuat untuk menempati satu paddock Repsol Honda sepeninggal Lorenzo pada musim 2020.

Seri penutup MotoGP 2019 di Valencia juga dijadikan ajang penghormatan terakhir bagi rider Indonesia yang gugur di ajang ATC seri Malaysia, Afridza Munandar.

Sejumlah motor Honda yang berlaga di kelas Moto2 dan MotoGP ditempeli stiker penghormatan bagi pembalap Tasikmalaya tersebut.

Yang tampak kemarin adalah motor Marquez dan rider Indonesia di Moto2, Dimas Ekky Pratama. (Jawapos)

Komentar

Topik Terkait