oleh

Tak Bisa Tinggalkan Arab Saudi, Ini Saran Moeldoko untuk Habib Rizieq

INIKATA.com – Beberapa waktu yang lalu, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mengaku telah dicekal yang membuatnya tak bisa kembali ke Indonesia. Kemudian belakangan, ternyata surat pencekalan terhadap Rizieq Shihab tersebut datang dari otoritas Arab Saudi.

Menanggapi hal itu, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko memberikan saran sederhana untuk Habib Rizieq.

Moeldoko juga membantah tudingan Anggota DPR Fadli Zon yang menyebut pemerintah lepas tangan dan gagal melindungi Imam Besar FPI tersebut.

“Bukan lepas tangan, saya sudah cek. Selama ini Pak Rizieq itu tidak pernah berkomunikasi ke kedutaan, sudah cek. Tadi Pak Mahfud (Menko Polhukam-red) mengatakan seperti itu,” kata Moeldoko di Jakarta, Selasa (26/11).

Dari informasi resmi yang diperoleh mantan Panglima TNI ini, Habib Rizieq tidak berkomunikasi dengan pihak kedutaan RI di Arab Saudi, tetapi justru berbicara melalui media sosial.

“Enggak pernah koordinasi ke kedutaan. Hanya di media sosial, sehingga tidak terjadi komunikasi yang baik, mungkin. Tetapi bagi teman-teman kita di luar negeri berkomunikasi ketika ada masalah dengan kedutaan, pasti kedutaan akan mengatasinya dengan baik,” saran Moeldoko.

Untuk itulah, veteran kelahiran Kediri ini menyarankan supaya Habib Rizieq membuka komunikasi dengan pihak Kedutaan Besar RI di Arab Saudi.

“Saya pikir lebih bagus lagi membuka komunikasi dengan kedutaan, kan sudah menjadi tanggung jawab kedutaan menerima berbagai persoalan yang dihadapi oleh warganya di luar negeri, karena itu bagian dari tugas,” kata Moeldoko. (jpnn)

Komentar

Topik Terkait