oleh

Berniat Maju di Pilkada, Politisi Demokrat Sarankan Gibran dan Bobby Tahan Diri

INIKATA.com – Keluarga Presiden Joko Widodo memiliki hak yang sama dalam setiap gelaran pesta demokrasi. Mereka berhak untuk memilih juga dipilih. Wasekjen DPP Partai Demokrat Rachland Nashidik mengaku mendukung penuh hak politik yang dimiliki keluarga Jokowi. Seperti anaknya, Gibran Rakabuming Raka yang akan mengarungi Pilwalkot Solo dan menantunya, Bobby Nasution di Pilwalkot Medan.

Hanya saja, dia mengingatkan agar orang tua Jan Ethes dan Sedah Mirah itu untuk menahan diri berkecimpung di pilkada. Keduanya perlu menunggu Jokowi lengser agar tidak ada anggapan publik yang menyebut kemenangan mereka karena bantuan penguasa.

“Baiknya mereka bersabar hingga bapaknya (Jokowi) lengser. Agar mereka punya alasan untuk mengatakan memenangi pilkada dengan keringat sendiri,” tegasnya dalam akun Twitter pribadi, Kamis (5/12).

Minimal, sambungnya, Gibran dan Bobby tidak membuat repot para pembantu Jokowi. Seperti Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang harus berkomentar dan meluruskan bahwa keikutsertaan mereka bukan upaya Jokowi membangun dinasti politik.

Sebab terkadang mantan panglima TNI itu terlihat canggung atau rikuh dan ketegasannya hilang saat harus meluruskan.

“Paling kurang tak membuat Moeldoko rikuh dan ketahuan bodoh,” sindirnya.

Moeldoko sebelumnya harus meluruskan bahwa rencana Gibran dan Bobby maju di pilkada bukan bagian dari upaya Jokowi membangun dinasti politik.

Dia menyebut bahwa Gibran dan Bobby sah ikut pilkada lantaran punya hak yang sama. Moeldoko juga memastikan Istana tidak akan ikut campur dalam proses pencalonan

“Istana tidak ikut campur, itu kan balik lagi hak politik seseorang. Terserah, kami enggak boleh,” tuturnya. (rmol)

Komentar