oleh

Gibran Jangan Mimpi Dapat Dukungan PDIP di Pilwalkot Solo

INIKATA.com– Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan belum tentu mendukung Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Wali Kota Solo 2020.

Menurut Hasto, ada tahapan yang dilalui untuk mendukung calon dan diputuskan oleh Megawati Soekarnoputri selaku ketua umum PDIP. 

“Ya, keputusan konstitusi kami, Ibu Megawati yang punya hak memutuskan itu,” kata Hasto ditemui di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Sabtu (21/12).

Kendati begitu, kata Hasto, DPP PDI Perjuangan tetap berperan untuk menentukan sosok yang didukung di Pilwalkot Solo. DPP PDI Perjuangan, kata Hasto, akan melakukan pemetaan politik di Solo. Hasil dari pemetaan akan disampaikan ke Megawati untuk menjadi bahan pertimbangan mengambil keputusan.

“Tugas DPP membantu beliau dalam menyiapkan pemetaan politik analisis terhadap survei analisis terhadap bagaimana kehendak rakyat dan akan diputuskan,” ucap dia.

Dia menegaskan, seluruh kader PDI Perjuangan akan patuh terhadap keputusan Megawati. Bahkan, kader PDI Perjuangan akan berupaya memenangkan keputusan Megawati terkait Pilwalkot Solo.

“Ketika Ibu Ketua Umum mengambil keputusan, di situ lah seluruh jajaran partai siap mengamankan keputusan itu,” ucap dia.

Setidaknya, dua sosok disebut-sebut akan menjadi Calon Wali Kota Solo yang dari PDI Perjuangan. Keduanya yakni Wakil Wali Kota Solo Ahmad Purnomo dan putra Presiden Joko Widodo yaitu Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Hasto, PDI Perjuangan masih melakukan pemetaan politik menyambut Pilwalkot Solo. Dari situ, Megawati Soekarnoputri pun belum bersikap untuk condong memilih Purnomo atau Gibran di Pilwalkot Solo.

“Kami sedang membahas, beberapa rapat DPP akan dilakukan,” tutur dia. (inikata/jpnn)

loading...

Komentar