oleh

Pamer foto 4 Generasi Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth Isyaratkan Penerus Tahta?

INIKATA.com – Di akhir pekan ini, sebuah foto terbaru dirilis oleh Istana Buckingham, Sabtu (21/12). Dalam foto itu, Ratu Elizabeth II dari Kerajaan Inggris, tampak akrab berdiri dengan Pangeran Charles, Pangeran William, dan Pangeran George saat menghadiri sebuah acara.

Foto ini lantas disebut foto 4 generasi Kerajaan Inggris.

Ada yang istimewa dari foto ini, di mana ada kesan Ratu Elizabeth sedang mengisyaratkan tentang siapa yang akan menjadi penggantinya.

Di awal bulan Desember ini, sebuah berita dimuat media Inggris bahwa Ratu Elizabeth II diprediksi akan turun tahta sebagai penguasa monarki Inggris tepat saat berusia 95 tahun atau 18 bulan ke depan.

Spekulasi tersebut dilaporkan Daily Mail pada 3 Desember lalu.

Kabarnya, putra sulung Ratu Elizabeth, Pangeran Charles yang akan mengambil alih tugas-tugasnya.

Kabar itu cukup beralasan karena belakangan Pangeran Charles memang ditugasi untuk menangani beberapa urusan kerajaan.

Spekulasi tentang akan turun tahtanya Ratu Elizabeth juga didukung dengan beberapa bukti, seperti pengurangan keterlibatan publik yang dilakukan Ratu Elizabeth dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2016 lalu, Ratu menghadiri 332 acara, sedangkan pada 2018 ia telah mengurangi acaranya menjadi 283 acara saja dalam setahun.

Sebaliknya, Charles menunjukkan peningkatan dalam beban kerja kerajaan dan mengambil 507 keterlibatan pada acara kerajaan pada 2018.

Meski akan turun tahta, ia tidak akan sepenuhnya mundur dari kekuasaannya. Ia tetap berhak menyandang gelar “ratu”. Lalu, Pangeran Charles akan mengambil peran sebagai Prince Regent atau pangeran yang memerintah sebuah monarki sebagai bupati bukan raja dan mengambil alih kendali urusan kerajaan.

Suksesnya sebuah prosesi agung turun tahta seorang Ratu, pernah terjadi sebelumnya.

Pada tanggal 30 April 2013, Ratu Juliana menyerahkan takhta Kerajaan Belanda kepada putranya Pangeran Willem-Alexander.

Jadi, jika sang Ratu bersiap untuk turun tahta, doa terbaik diberikan kepada Kerajaan Inggris agar segala sesuatu berjalan dengan sangat baik dan penuh berkat Tuhan.

Semoga Pangeran Charles, yang tak lama lagi akan menjadi pimpinan monarki Kerajaan Inggris, senantiasa diberi kemampuan oleh Tuhan untuk terus melakukan yang terbaik. (rmol)

Komentar