oleh

Syarat Agar Persebaya Bisa Berlaga di AFC 2020

INIKATA.com – Persebaya Surabaya menjadi runner up Liga 1 2019. Namun, posisi itu ternyata tak otomatis membuat mereka tampil di ajang Piala AFC 2020.

Memang, kondisi ini harus dihadapi Persebaya seiring kebijakan PSSI yang memilih mengirimkan peraih juara Piala Indonesia PSM Makassar ke Piala AFC 2020.

Sebelumnya, kebijakan PSSI pada saat turnamen dimulai, Mei 2018, juara Piala Indonesia tak akan ke Piala AFC. Namun, pada Desember 2018, PSSI mengubah kebijakan di tengah jalan dan mengusulkan ke AFC bahwa juara Piala Indonesia akan mewakili Indonesia ke Piala AFC 2020.

Wajar, kebijakan itu diterapkan karena jadwal turnamen ini sempat amburadul, ditunda beberapa laga karena masalah izin. Kemudian jadwal ada berbenturan dengan Liga 1 sehingga harus digelar lebih dari setahun, sangat panjang dan melelahkan.

Nah, untuk Persebaya, kans tampil di ajang kompetisi antarklub Asia, Piala AFC 2020, memang terbuka. Namun, ada syaratnya.

Yakni jika Bali United lolos dari babak kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) 2020. Jika tim berjuluk Serdadu Tridatu itu lolos sampai putaran final, maka Persebaya bisa menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2020.

Namun, apabila Bali United gagal di fase kualifikasi LCA 2020, maka otomatis Bali United akan masuk di Piala AFC 2020. Satu jatah lainnya milik PSM Makassar, dan Persebaya harus gigit jari.

Perjalanan Bali United untuk lolos ke putaran final LCA 2020 sendiri tak mudah. Mereka harus selalu menang hingga kualifikasi babak kedua, sebelum masuk ke babak grup Liga Champions Asia 2020. Kondisi ini seperti yang dirasakan Persija Jakarta musim lalu.

Bali United akan ditantang wakil dari Singapura Tampines Rovers, kemudian melawat ke Australia melawan Melbourne Victory. Jika menang, baru akan jumpa wakil Jepang Kawasaki Frontale. Kalau menang terus, barulah Bali United akan masuk babak grup.

Jadi, nasib Persebaya lolos dan tampil ke Piala AFC 2020, bergantung seberapa mampu Bali United lolos ke putaran final LCA.

Kini, tugas Bonek berdoa dan memberikan semangat ke Bali United agar habis-habisan berjuang di penyisihan LCA 2020, demi mengharumkan nama Indonesia. (jpnn)

loading...

Komentar