oleh

Presiden AS Trump Ancam Serang Situs Budaya Iran

INIKATA.com – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengancam akan menyerang situs-situs budaya Iran apabila Iran membalas atas pembunuhan jenderal tingginya Qassem Soleimani.

“Mereka dibiarkan membunuh orang-orang kami. Mereka dibiarkan menyiksa dan melukai orang-orang kami. Mereka dibiarkan menggunakan bom-bom pinggir jalan dan meledakkan orang-orang kami dan kami tidak diperbolehkan menyentuh situs-situs budaya mereka? Tidak bisa begitu,” kata Trump kepada wartawan di pesawat kepresidenan Air Force One, Minggu (5/1) malam.

Dia tidak merincikan target-target apa yang dimaksudnya. Tapi sebagian pakar mengatakan mengebom situs-situs budaya akan melanggar hukum internasional.

Pada Minggu (5/1), Trump juga mengatakan melalui akun Twitternya bahwa AS bisa menanggapi serangan Iran “dengan cara yang tidak proporsional.”

Presiden juga mengatakan kepada wartawan di Air Force One bahwa dia “mungkin membahas” untuk merilis informasi intelijen yang digunakan untuk membenarkan perintah pembunuhan Soleimani. (vm/ft)

Komentar