oleh

Apkasi Bidang Pendidikan Sosialisasi Program Unggulan di Luwu Timur

MALILI, INIKATA.COM- Asisten Administrasi umum, Askar yang mewakili Bupati Luwu Timur membuka acara Audiensi dan Sosialisasi Program Unggulan APKASI Bidang Peningkatan Kapasitas Mutu Pendidik, Iman dan Taqwa serta Literasi di Kabupaten Luwu Timur Tahun 2020 di Aula Sasanapraja Kantor Bupati Luwu Timur, Rabu (26/02/2020).

Hadiri dalam acara tersebut, Staf Ahli Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Bidang Pendidikan, Kadis Pendidikan, La Besse, Ketua PGRI Kabupaten Luwu Timur, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia, Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia, serta para Kepala Sekolah Dasar dan SMP.

Staf Ahli Bidang Pendidikan APKASI, Hj. Himmatul Hasanah mengatakan, hal tersebut disesuaikan dengan tugas dan fungsi APKASI yaitu menjadi mitra strategis Pemerintah maupun lembaga lain yang memiliki visi yang sama dengan APKASI dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah.

“Kegiatan hubungan kelembagaan yang dilakukan APKASI ini telah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap program-program pembangunan nasional. Ekstensi APKASI setidaknya telah menjadi main resource bagi sejumlah lembaga dalam memahami perkembangan dan pembangunan daerah,” kata Hj. Himmatul Hasanah.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belanja dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagaman, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya agar bermanfaat untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Bupati Luwu Timur dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum, Askar menyambut baik serta mendukung penuh program – program yang dicetuskan Apkasi dalam menciptakan sumber daya manusia yang mampu bersaing secara nasional dan internasional.

“Guru memegang fungsi dan peranan penting dan merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan. Apalagi berbicara peningkatan mutu pendidik. Ini sangat penting dilakukan demi kemajuan suatu daerah. Kompetensi yang dimiliki guru akan dapat meningkatkan kemampuan siswa dimasing-masing sekolah,” ujar Askar.

Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, lanjuta Askar, misalnya pengembangan kurikulum nasional dan lokal, peningkatan kompetensi guru (SDM) melalui pelatihan, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan.

“Untuk itu, besar harapan kami agar para peserta audiensi dan sosialisasi program unggulan APKASI bidang peningkatan kapasitas mutu pendidik, iman dan taqwa serta literasi di Kabupaten Luwu Timur tahun 2020 yang mengikuti kegiatan ini dapat terlibat aktif dan memberikan solusi dan kontribusi positif tentang permasalahan pendidikan yang ada di Kabupaten Luwu Timur sehingga kita semua dapat bersama-sama memperbaiki pendidikan yang ada saat ini,”

Komentar

Topik Terkait