oleh

Golkar Isyaratkan Usung Danny Pomanto di Pilwali Makassar

MAKASSAR, INIKATA.com – Ketua tim 9 Golkar Sulsel, Kadir Halid mengisyaratkan surat tugas pencalonan Wali Kota Makassar 2020 jatuh ke tangan Danny Pomanto (DP). Isyarat itu dilontarkan Kadir saat menanggapi progres pengusulan tiga nama kandidat hasil penjaringan di partainya.

“Sisa DP,” singkat Kadir dikonfirmasi via WhatsApp, Senin (2/3/2020).

Diketahui Partai Golkar telah menjadwalkan penyerahan surat tugas balon Wali Kota Makassar 2020 di Celebes Convention Center (CCC), Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar pada 8 Maret 2020.

Sekretaris DPD II Golkar Makassar, Abd Wahab Tahir yang dikonfirmasi terpisah mengatakan, surat tugas tersebut diperuntukkan bagi daerah yang tidak memenuhi kuota kursi parlemen, seperti Makassar. Sementara surat rekomendasi untuk daerah-daerah yang memenuhi kuota kursi.

“Akan ada kegiatan Golkar. Menurut informasi di tanggal 8 (Maret) di CCC, siang itu akan dilakukan penyerahan beberapa rekomendasi dari DPP dan surat tugas,” kata Wahab ditemui siang tadi.

“Jadi yang dikasi rekomendasi itu yang sudah penuh cukup kuota, jadi yang belum cukup kuota dikasi surat tugas untuk mencukupkan,” sabungnya.

Wahab menjelaskan surat tugas itu nantinya tidak akan merujuk pada satu nama saja namun melaikan sudah satu paket yakni calon wali kota dan calon wakil wali kota.

“Siapa orangnya, yah nanti kita liat tanggal 8 apa yang menyebar rumor dan sebagainya nanti akan diuji pada tanggal 8,” jelas Wahab.

Calon usungan Partai Goklar, disebut Wahab, tidak mesti dari kader. Kata dia, sejak dibukanya pendaftaran bakal calon wali kota maka mulai saat itu juga partai Golkar terbuka untuk semua kandidat.

Begitu juga dengan wakilnya. Anggota Dewan Makassar itu menyebut jika partai Golkar tidak pernah membuka pendaftaran calon wakil wali kota. Untuk itu siapaun yang diusung nantinya dinilai sah-sah saja.

“Pendaftaran itu disebut buka ruang seluas-luasnya untuk kepada siapapun juga mendaftar sebingga ke otonomian kader itu sudah hilang dari awal. Yang ada itu adalah partai ingin memenagkan pertarungan. Kalau ada paket wali kota dan wakilnya keluar itu bukan lagi kewengan kami,” jelasnya.

Sebelumnya, Golkar Sulsel telah mengusulkan tiga nama kandidat wali kota hasil penjaringan. Selain DP, dua lainnya yakni kader Golkar, Syamsu Rizal MI dan adik Mentan, Irman Yasin Limpo.

Sementara DPP Golkar juga talah menerbitkan beberapa surat rekomendasi pencalonan kepala daerah. Mereka yang telah mengantongi rekomendasi adalah Jamaluddin M Syamsir di Pilkada Bulukumba,  Andi Kaswadi di Pilkada Soppeng, Thorik Husler Pilkada Lutim, Indah Putri Indriyani Pilkada Lutra, Basli Ali Pilkada Selayar, Adnan Purictha Ichsan Yasin Limpo Pilkada Gowa, Andi ILham Zainuddin Pilkada Pangkep, Makan Amin di Pilkada Barru. (**)

Komentar