oleh

Formula 1 Bahrain Terpaksa Digelar Tanpa Penonton


INIKATA.com – Apa jadinya jika balapan Formula 1 tanpa penonton di sirkuit? Raungan mesin dan aksi-aksi duel di tengah lintasan bakal terasa hambar tanpa gemuruh sorakan dari tribun. Situasi itu bakal terasa pada race kedua musim ini di GP Bahrain 22 Maret mendatang.

Keputusan tersebut diambil Minggu pagi (8/3) setelah otoritas Bahrain mengevaluasi situasi terakhir dampak persebaran Covid-19. Dua hari sebelumnya, penyelenggara telah menghentikan penjualan tiket balapan.

Dengan demikian, GP Bahrain akan menjadi balapan pertama F1 musim ini yang digelar tanpa penonton. Alhasil, race hanya bisa dinikmati melalui siaran televisi.

’’Memberikan izin kepada ribuan pengunjung internasional dan lokal untuk berinteraksi dalam jarak dekat bukanlah hal yang tepat saat ini,’’ tulis pernyataan resmi pemerintah setempat sebagaimana dikutip Motorsport.

Bahrain mengklaim berhasil melakukan deteksi dini, mengisolasi, dan mengidentifikasi sejumlah kasus yang ditemukan di wilayahnya. Dan sejauh ini berhasil.

“Semua langkah tersebut tidak akan efektif jika ada ribuan orang lainnya datang untuk menyaksikan ajang balapan ini,’’ tambah pernyataan tersebut.

Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah Bahrain itu hanya berselang beberapa jam setelah Italia menerapkan status lockdown alias tertutup untuk wilayah Lombardy dan 14 provinsi lainnya di wilayah utara negara tersebut.

Italia merupakan negara Eropa dengan dampak terparah dari persebaran Covid-19. Dengan keputusan tersebut, tak kurang dari 16 jiwa penduduk harus bertahan untuk tidak keluar dari ke wilayah itu hingga 3 April.

Kecuali telah melewati persyaratan ketat. Itu pula yang dilakukan tim Ferrari yang telah diizinkan keluar wilayah merah agar bisa membalap di seri pembuka F1 musim ini di Melbourne. Markas besar Ferrari di Maranelo masuk kawasan Emilia-Romagna.

Sebanyak 6 ribu kasus dilaporkan dan sekitar 233 orang dinyatakan meninggal karena penyakit tersebut. Sebagian besar berasal dari wilayah utara Italia. Sampai tadi malam, jumlah wilayah zona merah bertambah menjadi 26 provinsi.

Race pertama F1 berlangsung di Melbourne pekan depan (15/3). Sejumlah tim MotoGP juga terdampak atas kebijakan itu.

Yang Terdampak Kebijakan Lockdown

Formula 1

Modena (Emilia-Romagna)

Ferrari

Milan (Lombardy)

Pirelli (penyedia ban)

MotoGP

Tavullia (Pesaro dan Urbino)

Basecamp Valentino Rossi, Franco Morbidelli, dan Francesco Bagnaia

Markas tim Moto2 Sky Racing Team VR46

Lombardy

(Operasional tim Monster Yamaha). (Jpc)

loading...

Komentar