oleh

Lolos ke 8 Besar Liga Champions, Pelatih Leipzig: Benar-benar Bahagia

INIKATA.com – RB Leipzig lolos ke babak delapan besar Liga Champions dengan menyingkirkan Tottenham Hotspur. Sukses ini membuat Pelatih Leipzig, Julian Nagelsmann sangat senang.

Pelatih berusia 32 tahun tersebut menyebut kemenangan atas tim asuhan Jose Mourinho ini sangat pantas. Alasannya, klub Bundesliga Jerman itu mampu mencetak empat gol dan sama sekali tidak kebobolan.

“Saya benar-benar bahagia karena kami lolos ke babak berikutnya, tetapi saya benar-benar bahagia juga karena, pada akhirnya, itu sepenuhnya layak. Kami mencetak empat, tidak kebobolan, adalah yang tim yang lebih baik daripada Tottenham dan kami adalah tim yang lebih baik hari ini,” ujarnya di UEFA.com.

“Saya pikir permainan di London sedikit lebih baik daripada hari ini karena kami memiliki kontrol yang lebih baik pada bola ketika kami menguasai bola. Kami tidak kehilangan banyak bola. Kami mengalami masalah pada awalnya lima menit dan lima, sepuluh menit setelah jeda, tapi saya senang karena kami tim muda, itu tidak selalu sempurna, tetapi dalam dua pertandingan ini, dua pertandingan penting ini, kami melakukannya dengan sangat baik,” ujarnya.

Bermain di Red Bull Arena Rabu, 11 Maret yang berakhir pagi Wita, Leipzig tak membiarkan Spurs mengembangkan permainan sejak awal. Di menit ke-10, mereka sudah membuka keunggulan.

Gol pembuka Leipzig dilesakkan kapten tim, Marcel Sabitzer lewat tembakan kaki kanan usai menerima umpan dari Timo Werner. Pada menit ke-21, Leipzig menggandakan keunggulan.

Kembali Marcel Sabitzer yang menjadi penakluk Hugo Lloris. Mendapat umpan Angelino dari sisi kiri, sang kapten menanduk bola ke tiang dekat yang tidak bisa diantisipasi Lloris. Skor 2-0 ini bertahan hingga turun minum.

Kembali dari ruang ganti, Spurs masih belum bisa memperbaiki performa mereka.

Setelah berbagai upaya yang gagal, mereka seperti frustasi di lapangan. Dan Leipzig yang sudah telanjur di atas angin bisa dengan mudah meredam semua serangan tamunya.

Bahkan, di menit ke-87, Leipzig yang baru pertama kali bermain di fase knockout Liga Champions mampu menambah keunggulan.

Pemain pengganti, Emil Forsberg mencetak gol dalam sentuhan pertamanya setelah masuk menggantikan Sabitzer.

Forsberg menaklukkan Lloris lewat tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang. Skor 3-0 ini menjadi hasil akhir pertandingan leg kedua ini.

Dengan kemenangan ini, Leipzig lolos ke babak delapan besar dengan keunggulan agregat 4-0. Sebelumnya, mereka juga menang 1-0 di London.

Bagi Leipzig ini menjadi sejarah baru bagi mereka. Sedangkan Spurs, hasil ini jelas memalukan mengingat mereka berstatus finalis tahun lalu. (amr/fajar/ik)

Komentar