oleh

Ferdinand Soal Mundurnya Roy Suryo: Tidak Ada Pengaruhnya

INIKATA.com – Ketua Divisi Bidang Hukum dan Advokasi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan, partianya tidak akan terganggu dengan mundurnya Roy Suryo.


“Pengunduran diri ini sebetulnya tidak akan mengganggu kekuatan Partai Demokrat ke depan, tidak ada pengaruhnya,” ujar Ferdinand kepada wartawan, Kamis (12/3).

Namun demikian pengunduran diri Roy Suryo membuat kaget banyak kader. Pasalnya Demokrat akan menggelar kongres yang salah satu agendanya adalah pemilihan ketua umum.


“Jadi momen yang tidak tepat untuk mundur sebetulnya, jadi itu saja yang membuat kami kaget,” katanya.


Ferdinand berujar, ‎selama ini Roy tidak pernah menyampaikan rencana pengunduran dirinya menjadi kader Partai Demokrat. Sehingga memang mendadak. Namun pengunduran dirinya tidak akan berpengaruh ke Partai Demokrat.

‎”Kami ucapkan terimaksih atas pengabdian Mas Roy selama ini dan semoga sukses di dunianya yang baru‎,” ungkapnya.


Selain itu, Ferdinand mengatakan, ketua umumnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga belum memberikan sikap resminya mengenai pengunduran diri Roy Suryo ini. Hal itu karena SBY sedang mempersiapkan Kongres Partai Demokrat yang akan digelar 15 Maret ini.


“Pak SBY belum bersikap karena beliau lagi fokus untuk mensukseskan Kongres Demokrat. Saya pikir Pak SBY akan menyetujui pengunduran diri tersebut karena kami meyakini patah tumbuh hilang berganti adalah sebuah keniscayaan‎,” imbuhnya.


‎Diketahui, Roy Suryo memilih mendatangi kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)‎ Cikeas, Jawa Barat. Kedatangannya itu untuk menyerahkan surat pengunduran diri menjadi kader partai berlogo bintang mercy ini.


“Saya sudah menyerahkan surat pengunduran diri di semua posisi dan jabatan di Partai Demokrat termasuk kader setelah lebih kurang 15 tahun berpolitik,” ujar Roy Suryo kepada JawaPos.com, Rabu (11/3).


Namun demikian surat pengunduran diri tersebut tidak diterima langsung oleh SBY. Hal i‎tu karena SBY sedang menyusun naskah pidato Kongres Partai Demokrat yang dilakukan 14-16 Maret ini.


‎Roy mengatakan alasan pengunduran diri lebih bersifat untuk konsentrasi di luar politik yang sebenarnya sudah mulai banyak dilakukan di hari-hari belakangan ini.

“Jadi dengan status kembali selaku sebagai praktisi multimedia atau telematika lagi atau pengamat public health,” katanya.

Adapun sebagai politikus Partai Demokrat, Roy Suryo juga pernah menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga alias Menpora di tahun 2013-2014 mengantikan Andi Malarangen yang terkena kasus korupsi di KPK. Dia juga mantan Anggota DPR periode 2017-2019. (Jpc)

Komentar