oleh

Amien Rais: Melihat Keadaan, Insyaallah Akan Muncul PAN Reformasi

INIKATA.com – Kemungkian Partai Amanat Nasional (PAN) terpecah pasca kemenangan Zulkili Hasan dalam Kongres mencuat. Adalah Amien Rais beserta loyalis yang mengembangakn isu pembentukan PAN Reformasi.

‎”Kalau itu salah satu solusi bagi PAN, kita semua bentuk PAN Reformasi kenapa tidak. Bisa saya pertimbangkan,” ujar Amien Rais kepada wartawan, Sabtu (14/3).

Oleh sebab itu, Amien Rais bisa mempertimbangan usulan yang ada. Hal itu karena Amien Rais merespons apirasi dari bawah untuk membentuk PAN Reformasi.

“Nanti bisa saya umumkan ketika sudah tepat. Melihat keadaan bahwa kemungkinan dan Insya Allah akan muncul PAN Reformasi‎,” katanya.

Amien Rais membenarkan dirinya tidak diundang atau membicarakan kepengurusan PAN yang baru di bawah ketua umum Zulkifli Hasan. Bahkan Amien merasa kaget kita Zulkifli Hasan mengundang para ketua umum partai untuk hadir di pelantikan kepengurusan PAN periode 2020-2025.

Oleh sebab itu, dengan mengundang dan sowan Zulkifli Hasan ke para ketua umum partai politik. Maka Amien sudah bisa menebak bahwa PAN ingin jadi bagian dari kekuasan. Atau ingin bergabung dengan koalisi.

‎”Ini langsung saya bisa menebak PAN ini akan dijadikan kendaraan untuk memenuhi masya Allah ambisi politik yang berlebihan dari para pendiri PAN itu. Hampir bisa dipastikan ujung-ujungnya agar dapat secuil kekuasaan,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Amien Rais menduga jika PAN akan bergabung dengan kekuasaan. Maka PAN akan terpuruk di 2024 mendatang. Salah satu contoh pemilih akan meninggalkan PAN. Atau PAN tidak lolos ambang batas parlemen. “Tapi risikonya PAN tidak akan lulus pairlamantary thersolhd‎ sebesar 7 persen misalnya,” katanya.

Amien Menyarankan biarkanlah PAN berdiri sendiri dan tidak bergabung dengan kekuasaan. Sehingga nantinya PAN bisa besar dan menjadi pemenang di Pemilu 2024 mendatang.

“Yang penting PAN bermartabat, berdiri di atas kaki sendiri. Kita siapkan betul untuk 2024. Saya yakin PAN bisa besar kembali tapi caranya yak‎inkan ke pemilih kita ini bahwa PAN akan berubah lebih bagus lagi, pan akan dijadikan tumpuan bagi anak bangsa,” ungkapnya.

“Tapi jangan lantas hanya PAN saya jadi bangkrut. Hampir tidak mungkin lolos theshold, ada eksodus masal dari para pemilih kita. Mencari partai lain. Good bye,” tambahnya.

Sebelumnya, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Asri Anas mengaku adanya usulan supaya gerbong Amien Rais membentuk partai baru. Namanya adalah PAN Reformasi. Asri Anas menjelaskan kenapa PAN Reformasi diwacanakan dibentuk. Hal itu karena Zulkifli Hasan lagi menganggap Amien Rais selaku pendiri PAN. Seperti misalnya dalam kepengurusan PAN yang baru Amien Rais tidak dilibatkan.

‎”Pak Amien dari pada diperlakukan tidak benar oleh Zulkifli Hasan dan sebagai petinggi, tidak dihormati, tidak diajak bicara sama sekali. Nah teman-teman mendorong agar dibentuk partai PAN Reformasi,” ujar Asri.

Asri mengatakan sejauh ini sudah ada 20 DPD dan DPW yang menginginkan PAN loyalis Amien Rais membentuk PAN Reformasi. Termasuk juga ada 3.000 kader yang setuju dengan usulan itu. ‎”Pak Amien tidak dihormati dan itu sangat tidak etis. Pak Zul ini sudah banyak menikmati dari partai ini. Pak Amien berdarah-darah membangun partai ini,” katanya. (JPC)

Komentar