oleh

Menpan RB Putuskan ASN Bekerja dari Rumah Mulai Tanggal 31 Maret

INIKATA.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 19 Tahun 2020 tentang penyesuaian sistem kerja Aparatur Sipil Negara. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus korona di lingkungan instansi pemerintah.

“Sebagai pedoman bagi instansi pemerintah dalam pelaksanaan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah atau tempat tinggalnya (Work from Home/WFH) bagi ASN sebagai upaya pencegahan dan meminimalisasi penyebaran Covid-19,” kata Tjahjo di kantor Kemenpan RB, Jakarta, Senin (16/3).

Kendati demikian, politisi PDI Perjuangan ini mengharapkan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing instansi pemerintah dapat berjalan efektif untuk mencapai kinerja masing-masing unit organisasi pada instansi pemerintah. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan pelayanan publik di instansi pemerintah dapat tetap berjalan efektif.

“Jadi kami tegaskan tidak diliburkan. Tapi saya kira bisa diberikan tugas untuk kerja di rumah masing-masing,” ucap Tjahjo.

Untuk memastikan pelayanan publik pada instansi pemerintah tetap berjalan, lanjut Tjahjo, namun terdapat minimal terdapat dua level pejabat struktural tertinggi tetap melaksanakan tugasnya di kantor. Hal ini agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu.

Tjahjo pun menegaskan, ASN yang bekerja di rumah harus berada di rumah maupun tempat tinggal masing-masing. Kecuali dalam keadaan mendesak terkait ketersediaan pangan, kesehatan, keselamatan diri dan keluarga sehingga harus melaporkannya kepada atasan langsung.

“Pelaksanaan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah berlaku sampai dengan 31 Maret 2020 dan akan dievaluasi lebih lanjut,” pungkasnya. (JPC)

Komentar