oleh

Pandemi Covid-19, Komisi II Setuju Pilkada Serentak 2020 Ditunda

MAKASSAR, INIKATA.com – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyepakati penundaan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020.

Kesepakatan tersebut melalui rapat kerja/rapat dengar pendapat komisi II DPR RI bersama Menteri Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) RI, dan Dewan kehotmatan penyelenggara pemilihan umum (DKPP) RI, Senin (30/3).

Rapat kerja tersebut menghasilkan kesimpulan dengan jumlah empat poin, salah satunya penundaan pelaksanaan pilkada serentak 2020, alasan penundaan ini karena penyebaran Covid-19 yang belum terkendalikan hingga saat ini.

“Melihat perkembangan pandemi covid-19 hingga saat ini belum terkendali dan lebih mengedepankan keselamatan masyarakat, komisi II DPR RI menyetujui penundaan terhadap pilkada serentak 2020 yang belum selesai dan belum dapat dilaksanakan,” bunyi kesimpulan rapat tersebut.

Dipoin selanjutnya menyebutkan, pelaksanaan pilkada lanjutan akan dilaksanakan atas persetukuan antara KPU, Pemerintah dan DPR.

“Dengan penundaan pelaksanaan pilkada 2020, maka komisi II DPR RI meminta pemerintah untuk menyiapkan payung hukum baru berupa peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang (PERPPU),” bunyi poin ketiga.

Sementara di poin ke empat, komisi II DPR RI meminta pada kepala daerah yang akan melaksanakan pilkada untuk mengalokasikan dana pilkada serentak 2020 yang belum terpakai untuk penanganan pandemi covid-19.

“Dengan penundaan pelaksanaan pilkada 2020, maka komisi II DPR RI meminta kepada kepala daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak 2020 mengalokasikan dana pilkada serentak 2020 yang belum terpakai untuk penanganan pandemi covid-19,” demikian bunyi poin ke empat. (Hendrik)

Komentar

Topik Terkait