oleh

Meski Tahapan Pilkada Ditunda, Bawaslu Sulsel Tetap Awasi Netralitas ASN

MAKASSAR, INIKATA.com – Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang seharunya berlangsung pada September 2020, ditunda.

Penundaan tersebut sudah disepakati dalam rapat kerja KPU RI dan DPR RI bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada Senin (30/3) kemarin.

Meski demikian, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tetap menjalankan fungsi pengawasannya, seperti mengawasi netranitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Meski tahapan pilkada ditunda, tugas pengawas pemilu tidak berarti juga ditunda. Ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan oleh pengawas pemilu,” tandas Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad dalam keterangan tertulisnya, (1/4) malam.

“Pengawasan terhadap kegiatan yang sifatnya non-tahapan, seperti netralitas ASN,” lanjutnya.

Tak hanya itu, ia memaparkan jika pihaknya juga akan mengawasi pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan, termasuk kajian strategi yang bisa dilakukan dalam kondisi interaksi fisik dibatasi.

“Penguatan kapasitas jajaran Pengawas Pemilu, dengan memanfaatkan media teknologi informasi yang tersedia,” jelasnya.

Ia juga mengaku kkan membuka kelas online terkait penguatan pengawasan partisipatif, yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawal proses demokrasi di setiap perhelatan. (Hendrik)

Komentar

Topik Terkait