oleh

Pantau Harga Sembako, Kapolres Temukan Gudang Ilegal dan Makanan Kadaluarsa

SELAYAR, INIKATA.com – Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP Temmangnganro Machmud menemukan sejumlah makanan makanan kadaluarsa di salah toko di Jalan Yos Sudarso, Kota Benteng, Jumat (3/4/2020).

Wali Kota Dani Fatma

Temuan saat dilakukan pemantauan harga sembako dan kualitas barang menjelang bulan Ramadhan dan pencegahan Wabah Virus Covid – 19.

Selain barang kadaluarsa tersebut, Kapolres juga menemukan sejumlah rumah toko (Ruko) yang digunakan sebagai gudang penyimpanan barang. “Ruko ini diduga tidak memiliki izin, serta registrasi pembukuan barang masuk dan keluar, sebagai buku kontrol,” ujarnya.

Sehingga dikhawatirkan barang yang ada dalam gudang atau ruko tidak dapat dijamin kualitasnya. Salah satu bukti ditemukan langsung oleh Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP Temmangnganro Machmud, barang jenis mie instan sudah kedaluarsa tahun 2019 berada dalam gudang penyimpanan bernama Toko Surya tersebut.

Seketika itu juga, Kapolres memerintahkan pemilik toko untuk datang ke Kantor Polres untuk dimintai keterangan lebih lanjut atas kepemilikan barang kedaluarsa, Izin Gudang dan Resi Gudang.

Kapolres menyampaikan izin gudang dan resi gudang mengacu pada UU RI nomor 9 Tahun 2006 bahwa Pengelola Gudang wajib membuat, menyimpan pembukuan, dan catatan kegiatan yang berkaitan dengan Sistem Resi.

Ditempat yang sama, pemilik Toko Usaha Baru, Issu mengakui tidak memiliki izin gudang dan resi gudang. Ia mengatakan bahwa rata – rata dudang yang berada di sekitar tokonya tidak memiliki izin gudang dan resi gudang.

“Dulu ada pak, tapi sekarang tidak ada,” ujar Issu saat dimintai keterangan di gudang miliknya. (Rizal).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait