oleh

Valentino Rossi Pastikan Bakal Perpanjang Perjalanan Karier di MotoGP

INIKATA.com – Valentino Rossi memastikan bakal memperpanjang perjalanan karier di MotoGP setidaknya sampai akhir musim depan.

Keputusan itu diambil setelah muncul pesimisme bahwa musim ini bisa jadi berlangsung tanpa balapan akibat pandemi korona baru.

The Doctor ‒julukan Rossi‒ kini sudah memasuki musim ke-20 di kelas premier. Sejak turun dua musim saat era 500 cc dan 18 tahun di kelas MotoGP.

Sebelum ini, Rossi ingin mengetahui level kompetitifnya minimal dalam lima hingga enam balapan pertama musim ini.

Jika dirasa kompetitif, dia lanjut tahun depan. Tapi, apabila tidak, Rossi pensiun akhir musim ini. Tetapi, situasinya tidak memungkinkan karena serangkaian penundaan pada kalender balap 2020.

’’Tidak pas rasanya pensiun di masa krisis seperti ini. Saya rasa kita bisa menghadapi musim tanpa balapan,’’ kata Rossi seperti dilansir Crash.

Musim 2020 adalah tahun terakhirnya bersama Monster Yamaha. Dia belum mendapat perpanjangan kontrak lagi dengan tim pabrikan yang membantunya menjadi juara dunia.

Situasi semakin pelik karena Yamaha sudah merekrut pembalap muda nan potensial Fabio Quartararo untuk musim depan.

Rossi sebelumnya menerima tawaran dari tim satelit Petronas SRT Yamaha. Dia juga mendapat garansi tunggangan motor spesifikasi pabrikan di tim asal Malaysia tersebut. Tetapi, sampai saat ini, dia belum mengisyaratkan berlabuh ke mana.

Pandemi Covid-19 saat ini bukanlah momen terbaik untuk mengakhiri karir buat seorang legenda hidup MotoGP seperti Rossi. Dia pun menyadari hal tersebut.

Sebenarnya, The Doctor masih kompetitif berada di grid MotoGP. Tahun lalu dia tercatat dua kali nyaris memenangi dua grand prix. Yakni, di Argentina dan Amerika Serikat.

Apalagi, musim ini Yamaha melakukan upgrade motor M1. Khusus bagi Rossi, dia juga menanti perubahan seiring dengan kehadiran kepala kru balap barunya, David Munoz.

’’Opsi pertama saya adalah mencoba melanjutkan (karir). Sebab, saya memiliki motivasi yang cukup besar dan saya ingin melanjutkannya,’’ urai pembalap kelahiran 16 Februari 1979 tersebut.

Tidak heran kemampuan Rossi juga dilirik tim pabrikan lainnya. Salah satunya Aprilia. Tim asal Noalle, Italia, itu merupakan tim masa kecil The Doctor.

Selama empat musim dia menunggangi motor Aprilia pada 1996‒1999. Bahkan, dia menjadi juara dunia kelas 125 cc dan 250 cc bersama mereka.

Itu menjadi salah satu koneksi yang nyata di antara keduanya. ’’Kami sangat tersanjung dan tertarik jika dia ingin balapan bersama kami, tetapi saya tidak tahu seberapa masuk akal rencana tersebut,’’ kata Direktur Teknik Aprilia Romano Albesiano sebagaimana dikutip GPOne. (Jawapos)

Komentar