oleh

Jumlah Positif Corona di Indonesia Tembus 11.192

INIKATA.com – Pasien atau kasus baru positif Covid-19 dalam sehari bertambah lagi sebanyak 349 kasus. Sehingga kini sudah ada 11.192 orang terinfeksi Covid-19.

Jumlah ini terus bertambah seiring penelusuran kontak dan pengujian melalui metode real time PCR.

Selain itu kasus meninggal yakni bertambah 14 orang sehingga total menjadi 845 jiwa.

Dan pasien sembuh bertambah 211 orang sehingga total sebanyak 1.876 pasien sembuh.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengapresiasi prediksi atau catatan pemodelan yang dilakukan para ahli dan pakar serta lembaga survei yang memprediksi Covid-19 bisa selesai pada Juni-Juli 2020.

Yurianto menegaskan Agustus ditergetkan Indonesia sudah bebas dan merdeka dari Covid-19.

“Berbagai pakar dan perguruan tinggi memprediksi Juni-Juli akan selesai. Optimisme adalah tantangan kita bersama. Mari kita songsong bulan Agustus 2020 bulan perjuangan tumpah darah kita. Mari berjuang untuk benar-benar merdeka dari pandemi Covid-19. Kita bisa jadi pahlawan untuk selamatkan keluarga kita dan bangsa kita,” tegasnya dalam konferensi pers, Minggu (3/5).

Itu semua bisa dicapai, kata dia, asalkan masyarakat patuh dan disiplin mematuhi jarak sosial dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Masyarakat juga diminta selalu patuh memakai masker.

“Kuncinya ada di kita semua. Untuk tetap patuh di rumah. Patuh selalu gunakan masker. Ini senjata kita agar produktif di rumah,” tegasnya.

“Maka dari itu jangan mudik. Jangan bepergian. Banyak orang tanpa gejala, kita enggak bisa membedakan dengan mata biasa. Atau bahkan kita yang membawa gejalanya. Jangan naik kendaraan umum penuh sesak,” katanya.

Untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) adalah sebanyak 236.369. Dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) adalah sebanyak 23.130 orang. Dan sudah sebanyak 326 kabupaten kota terdampak Covid-19. (jpc/fajar)

Komentar