oleh

Buah Juga Bisa Terinfeksi Virus Corona?

INIKATA.com – Selain kucing atau harimau yang diberitakan bisa terinfeksi virus corona jenis baru, ternyata baru-baru ini hasil uji di Tanzania, mengungkapkan temuan cemaran virus Korona pada buah dan kambing.

Presiden Tanzania, John Magufuli pada Minggu (3/5) mengatakan otoritas setempat telah melihat hasil positif pada sampel yang diambil dari kambing dan pawpaw. Pawpaw sendiri adalah buah yang mirip mangga asal Washington.

Wali Kota Dani Fatma

Meski begitu, Magufuli meminta agar pemeriksaan pada kit itu diulang kembali khawatir ada kesalahan teknis. “Kit pengujian Covid-19 telah diimpor dari luar negeri,” kata Magufuli dalam sebuah acara seperti dilansir dari AsiaOne, Senin (4/5).

Dia mengatakan telah menginstruksikan pasukan keamanan Tanzania untuk memeriksa kualitas kit. Mereka secara acak mendapatkan beberapa sampel non-manusia, termasuk dari pepaya, kambing, dan domba.

Sampel-sampel ini kemudian diserahkan ke laboratorium Tanzania untuk diuji. Teknisi lab sengaja tidak mengetahui asal-usul virus itu.

Presiden Tanzania, John Magufuli (Africa Feeds) Sampel dari pawpaw dan kambing diuji dan hasilnya positif untuk Covid-19. “Ada sesuatu yang terjadi. Kualitas kit harus diselidiki,” jelasnya.

Tanzania telah mencatat 480 kasus Covid-19 dan 17 kematian. Magufuli juga mengatakan bahwa dia mengirim pesawat untuk mengumpulkan obat yang dipromosikan oleh Presiden Madagaskar. Akan ada obat dari campuran herbal tapi belum menjalani pengujian ilmiah yang diakui secara internasional.

“Saya sedang berkomunikasi dengan Madagaskar. Mereka sudah mendapat obat. Kami akan mengirim penerbangan ke sana dan obat-obatan itu akan dibawa sehingga rakyat Tanzania juga bisa mendapat manfaatnya,” katanya.

Infeksi Covid-19 dan kematian yang dilaporkan di seluruh Afrika relatif rendah dibandingkan dengan Amerika Serikat, sebagian Asia dan Eropa. Tetapi Afrika juga memiliki tingkat pengujian yang sangat rendah, dengan angka hanya sekitar 500 per 1 juta orang. (jpc/fajar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait