oleh

Kuras Hingga Rp 500 Juta, Sindikat Pembobol ATM Diringkus

SURABAYA, INIKATA.com – Subdit V Ditkrimsus Polda Jatim mengamankan tiga orang tersangka pelaku sindikat pembobol ATM. Tiga orang tersebut berinisial RY (34 tahun) wiraswasta, DM (32 tahun) wiraswasta yang kesemuanya warga Kabupaten Malang dan PS (31 tahun) wiraswasta warga Bekasi Jawa Barat.
 
“Modus mereka yaitu menggunakan skimming melakukan pembobol ATM korban. Korban sendiri mengalami kerugian mencapai Rp 500 juta,” ungkap Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jatim, Senin (4/5/2020).
 
Trunoyudo mengatakan, penangkapan tersangka bermula adanya laporan korban yang akan melakukan penarikan di ATM untuk biaya haji.

“Ketika memasukkan kartu ATM, pelapor tidak bisa melakukan penarikan meski PIN yang ditekan di mesin ATM sudah sesuai,” jelasnya.
 
Pelapor mengetahui rekeningnya dibobol saat melakukan pencetakan transaksi di buku tabungannya.

Wali Kota Dani Fatma

“Pelapor terkejut karena tercetak dibuku ada transaksi penarikan sampai Rp 500 juta. Padahal korban tak pernah melakukan penarikan sampai Rp 500 juta,” jelasnya.
 
Sementara itu, dalam pengungkapan tersebut diamankan barang bukti antara lain 2 buah laptop dan 2 buah PC, 7 buah ponsel, 2 buah alat skimming, 86 kartu kredit, 4 buat rekening dan pakaian yang digunakan ketika melakukan penarikan uang.
 
Sedangkan untuk pasal yang disangkakan ke tersangka, yaitu pasal 30 ayat (1) dan atau ayat (3)UU RI No 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang informasi Transaksi Elektronik.(Three)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait