oleh

Karateka Andalan Indonesia Bicara Peluang Lolos Olimpiade

INIKATA.com – Peluang Cok Istri Agung Sanistyarani ke Olimpiade masih terbuka. Karateka asal Bali itu harus mengikuti Olympic Qualification Tournament di Paris, Prancis.

Namun, jadwal terbaru penyelenggaraan belum ditentukan.

Coki -sapaan akrabnya- mengatakan bahwa peluangnya cukup besar. Untuk bisa lolos, minimal dia harus menembus peringkat 3 teratas. Tetapi, ada tantangan lain yang akan dia hadapi dalam turnamen kualifikasi itu.

”Masalahnya ada dari kelas bawahku yang ikut. Kalau pesaing dari kelasku sendiri, sudah sering bertemu di berbagai kejuaraan. Nah, yang (kelas, Red) di bawahku ini yang tidak tahu kemampuannya seperti apa,” kata dia.

Dalam Olimpiade Tokyo 2020, beberapa kelas kumite akan digabung. Coki yang berada di kelas -55 kg akan bersaing dengan karateka kelas -50 kg. Dua kelas tersebut dijadikan satu nomor pertandingan.

”Di kelas -50 kg sudah ada yang punya nama besar. Tetapi, ada juga yang belum, tetapi bisa saja mereka diturunkan. Ini yang kira-kira perlu hitung-hitungan yang matang. Selain itu, sering lihat gaya tanding mereka lewat video,” kata peraih perunggu Asian Games 2018 itu.

Dengan penundaan turnamen tersebut, Coki merasa memiliki waktu lebih lama untuk berlatih. Terutama untuk mengatasi berbagai kekurangannya.

”Untuk pelatnas, belum jalan lagi. Sekarang lagi latihan fisik. Sebenarnya perlu juga buat latihan teknik dan strategi. Hanya, latihan itu butuh sparing. Kalau kondisi seperti ini, masih tidak memungkinkan,” ujarnya.

Untuk sementara, dia memang berlatih sendiri di rumah. Coki optimistis usahanya tidak sia-sia. ”Target bisa lolos, entah itu masuk peringkat ketiga sekalipun,” imbuhnya. (Jpc)

Komentar