oleh

KPU Selayar Uji Coba E-Coklit di Dua Kecamatan Berbeda

SELAYAR, INIKATA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Selayar, menggelar uji coba elektronik pencocokan dan penelitian (E-Coklit) yang dilaksanakan di Kecamatan Bontoharu dan Kecamatan Buki, berlangsung, Kamis dan Jumat (14-15/5) kemarin.

E-Coklit adalah aplikasi yang berbasis smartphone dan dikembangkan untuk membantu dan mempercepat proses Coklit data pemilih yg terhubung dan terkirim langsung ke server KPU dan langsung singkron dengan Sistem Informasi data Pemilih (Sidalih) KPU.

E-Coklit adalah sebagai bagian penting dalam proses pemutakhiran data pemilih. Ini disampaikan, Ketua KPU, Nandar Jamaluddin, melalui Whatsupnya, Sabtu (16/5).

“Aplikasi ini adalah media pemutakhiran data pemilih secara elektronik yang pertama kali akan diterapkan secara nasional pada Pilkada serentak 2020. Aplikasi ini akan menjadi bagian penting dari e – rekap nantinya,” ungkap Ketua KPU, Nandar Jamaluddin.

KPU Kepulauan Selayar, dalam pelaksanaan uji coba aplikasi ini, dilaksanakan di Dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari dua Kecamatan berbeda, diantaranya Kecamatan Bontoharu dan Kecamatan Buki.

Mekanismenya bukan lagi door to door karena dimasa pandemi ini tidak dimungkinkan.

Sehingga cukup dilakukan dirumah Kepala Dusun/Lingkungan atau RT pada TPS bersangkutan.

Kegiatan uji coba ini, tidak terlepas dari pantauan Sekda Kepulauan Selayar, Ur H Marjani Sultan dari unsur pemerintah Kabupaten, serta Ketua KPU Nandar Jamaluddin dan Ketua Bawaslu, Suharno.

Selain KPU Kepulauan Selayar yang melaksanakan uji coba E-Coklit, juga dilakukan bersama 11 Kabupaten/ Kota lainnya di Sulsel. (Rizal)

loading...

Komentar

Topik Terkait