oleh

Keren, Suzuki Jimny Disulap jadi Mobil Amfibi

INIKATA.com – Suzuki Jimny merupakan mobil yang digandrungi karena ukurannya yang menawan, kecil, dan serbaguna.

Selain itu, kendaraan tersebut juga membawa kapabilitas off-road dan daya jelajah yang tak bisa dimiliki kendaraan sejenis dengan ukuran yang lebih besar. Selain itu, bisa untuk digunakan ke mana saja.

Kalau beragam kemampuan tersebut masih belum cukup memikat, model Jimny satu ini mungkin bisa bikin para pencinta Jimny di seluruh dunia berdecak kagum sekaligus heran.

Betapa tidak, Jimny ini dimodifikasi habis-habisan hingga membuatnya tak hanya bisa off-road, tapi juga bisa berenang alias mobil amfibi.

Adalah pembuat mobil kit Dutton yang menawarkan konversi untuk Jimny generasi sebelumnya yang hasilnya tak biasa.

Jimny tersebut dikonversi dan memungkinkan pengemudi bisa menerobos di air.

Carfection melalui video di YouTube menyoroti kendaraan amfibi yang berbasis Suzuki Jimny tersebut.

Jimny dengan kemampuan amfibi itu diberi nama Surf dan menggunakan semua bagian mekanik dari Jimny.

Modifikasi dilakukan habis-habisan hampir menyentuh seluruh sektor Jimny asli.

Dutton menambahkan sistem propulsi jet air seperti yang temukan di sebuah perahu.

Pengaturan ini menghindari baling-baling menggantung di bawah kendaraan yang dapat rusak.

Setir masih mengendalikan arah kendaraan di atas air, persis seperti dalam kondisi jalan biasa.

Selain bagian mekanik Jimny, Surf menggunakan komponen stainless steel untuk menahan korosi di dalam air. Bodi terbuat dari plastik karena alasan yang sama.

Di Inggris, Dutton menjual semua bagian untuk melakukan konversi sebagai kit, atau pelanggan dapat meminta perusahaan menyelesaikan pembangunan untuk Jimny mereka.

Pada bagian mesin tetap asli Jimny yang dipadukan dengan powertrain jet. Jika ingin mengendarai di tanah atau jalanan biasa dan beralih ke air, proses transfer tenaga juga dapat dilakukan dengan mudah dengan sedikit waktu penyesuaian.

Pengemudi cukup menekan kopling dan menggerakkan beberapa tuas. Begitu berada di atas air, pedal throttle mobil masih mengendalikan daya.

Jadi, proses mengendalikan Jimny di atas air sama mudahnya dengan saat mengendalikannya di jalanan biasa.

Meski kecil, Surf mampu bermanuver lincah di atas air. Pendiri perusahaan Tim Dutton telah menyelesaikan dua perjalanan melintasi Selat Inggris dengan SUV amfibi-nya itu dan butuh sekitar enam jam untuk melakukan perjalanan.

Menurut video tersebut, biaya untuk membuat Jimny berkemampuan amfibi dengan nama Surf itu dibutuhkan sekitar USD 12.190 atau berkisar Rp 181,5 jutaan.

Untuk kendaraan yang dapat digunakan di jalan dan naik ke atas air tanpa membeli perahu, biaya tersebut tampaknya tidak terlalu mahal. (Jawapos)

loading...

Komentar