oleh

Menteri Agama Ajak Masyarakat Sambut Lebaran dengan Penuh Suka Cita

INIKATA.com – Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan pesan menyambut Lebaran 2020 melalui sebuah video yang disebarkan kepada media.

Dalam pernyataannya, Fachrul Razi meminta masyarakat menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan penuh bahagia meski dunia tengah dilanda pandemi Covid-19.

“Mari kita sambut Lebaran 1441 H dengan penuh suka cita dan bahagia. Karena ini adalah hari kemenangan dan hari kembalinya kita ke fitrah yang suci. Pandemi Covid-19 tidak boleh mengurangi kebahagiaan dan kegembiraan kita dalam menyambutnya meski dengan cara yang berbeda,” ungkap Menag Fachrul Razi.

Menag Fachrul Razi mengawali pernyataan dalam video soal penetapan Lebaran 2020 dengan melakukan Sidang Isbat, Jumat (23/5).

Berdasarkan hasil amatan tim perukyah hilal yang tersebar di 80 titik di Indonesia, Sidang Isbat kemudian memutuskan Idul Fitri 1441 H jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020.

Fachrul Razi meminta masyarakat untuk menyambut Lebaran dengan menggemakan takbir dan tahmid kepada Allah SWT sebagai ungkapan rasa syukur mampu melewati ujian selama satu bulan penuh berpuasa.

“Mari kita ungkapkan kegembiraan kita dengan mengungkapkan takbir dan tahmid sebagai rasa syukur dan pengakuan atas kebesaran Allah SWT,” tuturnya.

Menag juga mengatakan, wabah Covid-19 dapat menajamkan rasa solidaritas dan tali kemanusiaan.

Hal itu juga selaras dengan semangat Ramadan yang tidak hanya memperkuat ibadah vertikal, tapi juga menajamkan amal saleh dengan sesama manusia.

“Sebelumnya kita sudah paham bahwa iman harus dibarengi dengan amal saleh. Qiyamul lail mengisi malam dengan ibadah dan kita akhiri dengan santunan zakat fitri,” paparnya.

Fachrul Razi mengakhiri pernyataannya menyambut Idul Fitri 1441 H dengan mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang sudah membantu pemerintah khususnya Kementerian Agama dalam memberikan panduan kepada masyarakat dalam beribadah.

Menag berterima kasih kepada MUI yang telah memberikan petunjuk pelaksanaan ibadah di tengah pandemi Covid-19.

“Hormat dan terima kasih kepada para dokter dan perawat yang sangat mungkin tidak bisa berlebaran dengan keluarga karena harus menghabiskan waktu untuk menyelamatkan para pasien Covid-19. Terima kasih kepada para dermawan yang telah membantu pemerintah dengan berbagai kepedulian. Sehingga semakin banyak orang yang dapat berlebaran dengan pantas,” pungkas Fachrul Razi. (Jawapos)

Komentar