oleh

Tubuh Lelah Meski Sudah Cukup Istirahat? Mungkin ini Sebabnya

INIKATA.com – Lemas dan tak bergairah adalah salah satu cara tubuh untuk meminta istirahat.

Biasanya setelah cukup istirahat, tubuh akan kembali segar dan siap menjalani aktivitas seperti biasa.

Namun, apa yang salah jika setelah istirahat yang cukup, tubuh masih terus merasa lelah?

Jika Anda sudah istirahat tapi masih lelah, jangan anggap sepele. Kenali penyebab tubuh lelah Anda agar bisa segera ditangani dengan tepat.

Penyebab Tubuh Lelah Meski Sudah Istirahat

Tidur adalah istirahat terbaik bagi tubuh untuk dapat mengembalikan energi. Sejumlah ahli menganjurkan orang dewasa untuk tidur 7-9 per hari.

Jika Anda merasa telah cukup tidur namun masih lelah, mungkin beberapa hal di bawah ini adalah penyebabnya:

1. Kurang Olahraga

Walaupun tidur sesuai waktu yang direkomendasikan, belum tentu tidur Anda berkualitas.

Tidur yang tidak berkualitas berpotensi membuat Anda merasa lelah sepanjang hari. Salah satu penyebab tidur Anda tak berkualitas adalah kurang olahraga.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memilih waktu yang tepat untuk berolahraga. Hindari berolahraga pada waktu yang sangat dekat dengan jam tidur. Rasa lelah yang timbul bisa jadi malah membuat Anda sulit tidur dan terjaga sepanjang malam.

Jika ingin berolahraga pada malam hari, sebaiknya lakukan tiga jam sebelum tidur. Pilihlah olahraga yang dapat meningkatkan kualitas tidur, seperti yoga.

2. Stres

Hal lain yang dapat menyebabkan Anda merasa lelah sepanjang hari adalah stres. Sebab saat stres, tubuh memproduksi hormon kortisol dalam jumlah yang besar.

Ketahuilah bahwa produksi hormon kortisol dalam jumlah tinggi dapat mengganggu ritme tubuh Anda, dan rasa lelah akan muncul sebagai hasilnya.

Jika seseorang sedang banyak pikiran, biasanya akan jadi sulit tertidur. Meskipun begitu, Anda dapat mengurangi stres dengan beragam cara, seperti meditasi, melakukan latihan pernapasan dalam (deep breathing), menjalani hobi, berkumpul dengan para sahabat, dan lainnya.

3. Kurang Minum

Anda akan semakin mudah merasakan lelah saat tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi. Sebab sebagian besar tubuh Anda terdiri dari air, dan kurang minum bisa jadi pemicu tubuh merasa lemas dan lelah.

Minumlah setidaknya enam gelas air putih setiap harinya. Kebiasaan ini akan membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh Anda, sehingga terhindar dari kondisi sulit tidur di malam hari.

4. Salah Memilih Diet

Jika Anda yakin telah tidur dengan cukup, coba perhatikan pola makan Anda. Salah memilih asupan makanan juga bisa memicu rasa lelah.

Apalagi jika Anda tengah menjalani program diet dan mengonsumsi kalori yang kurang dari kebutuhan sehari-hari.

Saat diet, seseorang biasanya akan membatasi asupan makanan tertentu ke dalam tubuh.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan tubuh merasa lelah. Terlebih jika diet yang Anda jalani menjauhkan Anda dari sumber vitamin seperti buah-buahan dan sayuran.

5. Tidur Tidak Berkualitas

Penyebab tubuh mudah lelah lainnya adalah tidur yang tidak berkualitas. Untuk mengatasinya, usahakan Anda menerapkan kebiasaan tidur yang baik.

Misalnya tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, tidak menggunakan gadget ataupun menonton TV sebelum tidur, atau melakukan kegiatan yang menenangkan sebelum tidur. Tidur siang saat merasa kelelahan juga dapat memberikan manfaat.

Jika semuanya sudah dilakukan namun tidak ada perbaikan, mungkin ada penyakit yang mengganggu kualitas tidur Anda. Misalnya, sleep apnea atau restless leg syndrome.

6. Gula Darah Tidak Seimbang

Penyakit diabetes, yang ditandai dengan gula darah tinggi, dapat menjadi penyebab tubuh lelah. Walaupun Anda tidak memiliki diabetes, gula darah yang tidak seimbang seperti jika mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat juga dapat membuat tubuh mudah lelah.

Saat Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula, akan terjadi lonjakan kadar gula darah. Tubuh akan menghasilkan hormon insulin untuk memasukkan gula dalam sel, sehingga kadar gula darah kembali normal. Lonjakan kadar gula dalam darah serta penurunannya, dapat menimbulkan kelelahan.

7. Masalah Kesehatan Mental

Masalah kesehatan mental, misalnya depresi, dapat membuat Anda merasa lelah, tidak berenergi, serta kehilangan minat terhadap hal-hal yang dulu disukai.

Nah, jika tubuh Anda sering merasa lelah meski sudah cukup istirahat, pertimbangkan penyebab badan lemas yang telah dijelaskan.

Jika Anda memiliki salah satu atau beberapa, cobalah perbaiki atau periksakan diri ke dokter agar dapat ditangani dengan baik.(NWS/ RS/klikdokter/jpnn)

Komentar