oleh

New Normal, Presiden Sebut Aparat Keamanan Siap Diterjunkan

INIKATA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, aparat keamanan siap diterjunkan dalam menghadapi kehidupan new normal atau era normal baru di masa pandemi virus Korona atau Covid-19.

Setidaknya ada 25 kabupaten/kota yang dikatakan siap menjalani new normal.

‎”Kita sudah mulai, digelar, pasukan aparat TNI dan Polisi yang diterjunkan ke lapangan, ke titik titik keramaian di kabupaten dan kota dalam rangka persiapan pelaksanaan tatanan normal baru,” ujar Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (27/5).

Nantinya, daerah lain akan menyusul untuk bisa diterapkan new normal di masa pandemi ini.

Tentunya penerapan new normal kepada daerah lain berdasarkan data tingkat reproduksi secara umum (R0) dan angka reproduksi per hari (Rt) virus tersebut.

“Akan kita lihat dari angka dan fakta di lapangan yang berkaitan denga R0 dan Rt. Apabila efektif, kita akan gelar perluas lagi ke provinsi yang lain,” katanya.

Dengan menerapkan new normal tersebut, masyarakat tetap diharuskan melakukan protokol kesehatan. Sehingga angka penularan virus tersebut bisa dikendalikan.

“Jadi disosialisasikan secara masif sehingga masyarakat tahu apa yang harus dikerjakan, seperti jaga jarak, gunakan masker, cuci tangan, dilarang berkerumun,” ungkapnya.

Adapun, aparat yang akan diterunjunkan dalam menghadapi new ‎normal akan menjaga tempat umum dan pusat keramaian.

Itu dilakukan untuk memastikan masyarakat menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

Setidaknya, akan ada 340.000 personel gabungan TNI dan Polri yang akan menjaga di 1.800 objek meliputi aktivitas lalu lintas masyarakat, pusat perbelanjaan, pasar rakyat, hingga sejumlah tempat pariwisata. (jpg/fajar)

Komentar