oleh

Beberapa Pilihan Jenis Makanan untuk Memperkuat Imun Tubuh

INIKATA.com – Agar bisa terhindar dari infeksi Covid-19, salah satu caranya adalah memperkuat daya tahan tubuh dengan mengosumsi makanan sehat.

Pola makan yang sehat dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, diet tak sehat akan merusak imun.

Sistem kekebalan Anda seperti pasukan dengan senjata yang sangat canggih untuk melindungi tubuh. Agar pasukan ini berfungsi optimal, dibutuhkan aliran pasokan yang stabil lewat asupan nutrisi.

Pola makan terbaik untuk sistem kekebalan tubuh adalah diet nabati yang diproses secara minimal. Sedikitnya dengan mengonsumsi 75 persen makanan nabati. Lalu pastikan untuk mendapatkan vitamin D yang diperlukan tubuh.

Dilansir dari Today, Kamis (28/5), ada beberapa pilihan jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk memperkuat imun tubuh.

1. Buah dan Sayuran

Untuk memperkuat sistem kekebalan salah satunya berasal dari buah-buahan dan sayuran. Beberapa nutrisi penting yang memperkuat kekebalan dalam makanan ini termasuk vitamin C, beta karoten (pendahulu vitamin A) dan vitamin B tertentu, seperti folat.

Banyak buah-buahan dan sayuran juga memasok polifenol, antioksidan yang dipecah menjadi makanan dan berkontribusi terhadap bakteri usus yang sehat. Senyawa ini, yang juga ditemukan dalam makanan nabati lainnya (seperti minyak zaitun extra virgin, biji-bijian, kacang-kacangan, teh dan kopi) membantu bakteri baik berkembang. Mereka juga membantu mengoptimalkan lingkungan usus, di mana ada 80 persen sel kekebalan tubuh di dalamnya.

Pilih buah dan sayuran segar. Jangan lupa bahwa jus seperti jus delima dan jus sayuran juga dapat membantu. Minumlah minimal dua cangkir jus buah dan dua setengah cangkir sayuran setiap hari.

2. Gandum Utuh

Biji-bijian utuh (termasuk gandum, quinoa, beras merah) kaya nutrisi seperti folat, magnesium, selenium, dan zat besi untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam BMJ Gut menunjukkan bahwa biji-bijian utuh dapat membantu mengatur peradangan, yang berkontribusi terhadap perkembangan banyak penyakit, termasuk diabetes tipe 2.

Studi yang sama menunjukkan bahwa makan biji-bijian (bukan olahan) menyebabkan penurunan berat badan di antara orang yang kelebihan berat badan. Para penulis menyarankan ini strategi yang bermanfaat untuk mencapai berat badan yang lebih sehat.

Karena Covid-19 menghasilkan penyakit yang lebih serius bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2 dan mereka yang sangat gemuk (dengan BMI lebih dari 40), maka akan lebih baik jika mengganti pasta, roti, kerupuk, sereal, dan beras olahan dengan gandum.

3. Lemak Sehat

Semua jenis kacang-kacangan dan biji-bijian, alpukat dan zaitun (dan minyaknya) dan ikan (seperti salmon dan sarden) membantu mengatur proses peradangan tubuh. Makanan itu kaya selenium, vitamin E, seng, zat besi atau magnesium yang terlibat dalam fungsi sel kekebalan tubuh yang optimal.

4. Protein Nabati

Kacang-kacangan adalah makanan utuh dari protein nabati yang memasok nutrisi bagu kekebalan tubuh, termasuk serat, magnesium dan zat besi. Cobalah kurangi daging merah. Konsumsilah makanan utuh lainnya dari protein nabati seperti tahu dan edamame.

5. Seafood Dua Kali Seminggu

US Dietary Guidelines merekomendasikan makan makanan laut dua kali seminggu dapat membantu kekebalan tubuh. Makanan laut memasok asam lemak omega-3 anti-inflamasi dan nutrisi lainnya, termasuk magnesium dan seng. Cobalah mengganti daging merah yang tinggi lemak jenuh pro-inflamasi, dengan makanan laut untuk membantu mencegah peradangan kronis.

6. Makanan Fermentasi

Yogurt, kombucha, dan kimchi adalah contoh makanan fermentasi yang memasok bakteri baik ke usus. Fermentasi membantu mencegah infeksi saluran pernapasan atas dan membantu pemulihan orang yang sakit. (Jawapos)

Komentar