oleh

Rutin Minum Kopi Bisa Jauhkan Diri Dari Sembelit?

INIKATA.com – Minum kopi seringkali dikaitkan dengan berbagai manfaat untuk kesehatan. Kali ini, kopi dikaitkan dengan kesehatan pencernaan hingga hati.

Sebuah laporan baru mengatakan, minum kopi memiliki efek positif pada pencernaan dan kesehatan usus.

Menurut laporan dari Institute for Scientific Information on Coffee (ISIC), konsumsi kopi menunjukkan efek perlindungan potensial terhadap gangguan pencernaan, penyakit batu empedu, dan pankreatitis.

Laporan itu berjudul ‘Kopi dan pengaruhnya terhadap pencernaan’, ditulis oleh Profesor Carlo La Vecchia, di Departemen Ilmu Klinis dan Kesehatan Masyarakat, Universitas Milan, Italia.

“Data menunjukkan manfaat terhadap keluhan pencernaan umum seperti sembelit, serta potensi pengurangan risiko kondisi yang lebih serius seperti penyakit hati kronis, dari penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD), batu empedu, dan pankreatitis,” jelas Vecchia seperti dilansir dari NDTV, Sabtu (30/5).

Peneliti mengamati risiko penyakit pencernaan menurun dengan konsumsi kopi setiap hari.

Studi ini juga menyoroti efek kopi pada proses pencernaan, termasuk mendukung mikroflora usus dan meningkatkan motilitas usus.

Kopi dapat membantu merangsang motilitas usus. Motilitas usus adalah istilah yang diberikan untuk peregangan dan kontraksi otot-otot di saluran pencernaan.

Laporan ini juga memberikan wawasan tentang manfaat kopi secara umum. Meski begitu penelitian lebih lanjut diperlukan untuk hasil yang lebih akurat.

Sementara mekanisme bagaimana kopi dapat melindungi terhadap penyakit batu empedu masih belum diketahui. (Jawapos)

Komentar