oleh

Agar Terhindar Dari Virus Corona, Jangan Sentuh Bagian Tubuh Ini

INIKATA.com – Anda kini tahu bahwa virus corona atau COVID-19 terutama menyebar dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika berbicara, bersin, atau batuk.

Wali Kota Dani Fatma

Namun, tetesan kecil itu juga bisa mencemari berbagai permukaan dan hidup hingga beberapa hari.

Tombol elevator, tangga, mesin ATM, dan tangan orang lain hanyalah beberapa hal yang harus Anda sangat perhatikan untuk menghindari tertular COVID-19.

Tetapi, menurut seorang dokter penyakit menular, jika Anda ingin tetap bebas dari virus corona, ada satu hal yang harus Anda hindari untuk disentuh dengan cara apa pun, yakni wajah Anda.

“Agar bisa terinfeksi virus ini, virus harus melakukan kontak dengan selaput lendir,” kata Jaimie Meyer, MD, seorang spesialis penyakit menular Yale Medicine dan asisten profesor di Yale School of Medicine, seperti dilansir laman MSN, Rabu (10/6).

Karena itu, wajah adalah tempat nomor satu yang tidak boleh Anda sentuh selama pandemi ini karena ketika Anda melakukannya, maka Anda bisa mengantarkan virus COVID-19 langsung ke pintu depan tubuh Anda.

Sayangnya, kebanyakan dari kita terus-menerus menyentuh wajah kita. Satu studi menemukan bahwa rata-rata orang melakukan kontak langsung dengan wajah 23 kali per jam.

Dari semua sentuhan wajah, para peneliti menemukan bahwa 44 persen melibatkan kontak dengan selaput lendir. Dari sentuhan membran mukosa yang diamati, 36 persen melibatkan mulut, 31 persen hidung, 27 persen mata, dan 6 persen merupakan kombinasi dari daerah-daerah ini.

Ingat, mengenakan sarung tangan bedah tidak membebaskan Anda dari kemungkinan kontaminasi akibat menyentuh wajah.

CDC mengingatkan bahwa banyak kuman, bukan hanya coronavirus, bisa disebarkan melalui tangan Anda. Selain menghindari menyentuh area wajah Anda, sebaiknya Anda harus selalu menerapkan praktik kebersihan tangan.

Meskipun mencuci tangan dengan sabun dan air adalah cara yang disarankan untuk menghilangkan kuman, jika sabun dan air tidak tersedia, menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol adalah pilihan terbaik berikutnya.(jpnn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait